Seleksi Paskibraka Maros Dikritik, Dispora Dianggap Tak Profesional

Kamis, 06 Agustus 2020 - 21:54 WIB
loading...
A A A
"Dari 10 orang itu, ada satu orang yang sudah tamat dan berstatus alumni sekolah salah satu SMA di Maros. Hanya 9 orang berstatus pelajar. Mereka diminta untuk datang ke kantor Dispora Maros untuk melakukan wawancara dan pengukuran postur tubuh untuk persiapan paskibraka Maros 2020. Padahal satu orang sudah bukan pelajar," ungkapnya.



Pemanggilan 10 orang tersebut kata Sutri juga terkesan spesial. Sebab, pihak Dispora Maros menyuruh oknum rekanannya mendatangi langsung rumah pribadi 10 orang tersebut.

"Kemudian kami menerima keberatan dan ketidakpercayaan pihak keluarga para pelajar maupun pihak sekolah yang muridnya dipanggil menghadap ke kantor Dispora tanggal 14 Juli 2020 tersebut, dengan cara pemanggilan yang tidak wajar dari pihak Dispora karena hanya menyuruh oknum rekanan Dispora ke rumah pribadi pelajar yang hanya memanggil secara lisan, tanpa adanya bukti pemanggilan resmi dari pihak Dispora kepada pihak sekolah," tegasnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Maros, A Kurniawan mengatakan, awalnya ada 10 orang kandidat dari paskibraka cadangan tahun 2019 yang diseleksi hingga menjadi tiga orang.

"Yang terpilih itu satu dari SMA Angkasa, SMAN 1 Maros dan MA DDI. Jadi yang dipilih hanya tiga sesuai petunjuk dari pusat kalau tahun ini pelaksanaan HUT ke 75 RI tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Karena lebih minimalis, dimana jumlah peserta upacara dibatasi, dan peserta Paskibraka hanya berjumlah 3 orang saja," ungkapnya.



Dia mengatakan jika hal ini mengacu pada petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), tentang pedoman teknis pelaksanaan upacara.

"Hari ini mulai latihan, kami akan maksimalkan selama seminggu ini, mereka kami ambil dari cadangan 2019," katanya.

Tiga orang paskibraka ini kata dia, terdiri dari dua putra dan satu putri, yang merupakan pelajar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3032 seconds (0.1#10.140)