Harga Kebutuhan Pokok Selangit, Bikin Masyarakat di Makassar Menjerit

Kamis, 02 November 2023 - 21:56 WIB
loading...
A A A
Keluhan sama juga diungkapkan Daeng Sangging (60). Dia mengaku sangat merasakan mahalnya harga sembako, karena sulit memenuhi kebutuhan sehari-hari. "Kami ini masyarakat kecil, dimana kita mendapatkan pemasukan lebih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari jika harga terus naik," ujarnya.

Wanita paruh baya ini terpaksa mengadu nasib dengan ikut berjualan buras di pagi hari, dengan harapan bisa mendapat untung lebih demi memenuhi kebutuhan hidup. "Tapi namanya kalau harga tinggi ya sulit mendapat untung banyak, untung-untung kalau habis terjual kalau tidak ya rugi. Intinya kami berharap harga kebutuhan pokok bisa turun dan normal kembali," tutur wanita yang hanya tinggal berdua dengan anaknya ini.

Lain lagi dengan warga Makassar bernama Idawati (37). Dia mengaku, juga terdampak dengan semakin naiknya harga kebutuhan pokok. Dia bahkan harus menghemat dari gaji suaminya yang kini sudah tidak menentu. Ditambah dua anaknya sudah memasuki sekolah dasar.



"Intinya harga kebutuhan pokok yang naik membuat kami kesulitan memenuhi kebutuhan hidup, ditambah biaya sekolah anak. Semoga ini bisa segera diatasi," katanya. Dia melihat, setiap kali pemerintah memutuskan kenaikan gaji ASN, maka selalu dibarengi dengan kenaikan harga kebutuhan pokok di pasaran.

"Kami tidak tahu apakah itu ada pengaruhnya, tapi selama ini kami melihat setiap gaji ASN naik, maka pasti harga kebutuhan juga ikut naik. Sementara tidak semua masyarakat itu pegawai. Mungkin yang gaji naik tidak terpengaruh dengan kenaikan harga, tapi bagaimana rakyat yang bukan pegawai, kan kasihan," ketusnya.

Dari pantauan di sejumlah pasar di Kota Makassar, harga kebutuhan pokok masih berada di kisaran seperti, beras premium dijual dengan harga tertinggi Rp16.000 per kg sementara yang medium Rp14.000 per kg.

Harga Kebutuhan Pokok Selangit, Bikin Masyarakat di Makassar Menjerit


Begitu juga gula pasir Rp16.000 per kg, minyak goreng curah Rp16.000 per liter, minyak goreng kemasan premium Rp21.000 per liter. Harga telur ayam broiler Rp55.000 per rak, telur ayam kampung Rp3.000 per butir, telur ayam broiler Rp38.000 per kg.

Tepung terigu Rp14.000 per kg, sementara cabe merah besar Rp40.000 per kg, cabe merah keriting Rp50.000 per kg, cabe rawit merah Rp65.000 per kg, cabe rawit hijau Rp45.000 per kg.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5891 seconds (0.1#10.140)