H-8 Lebaran, Ribuan Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar

Selasa, 02 April 2024 - 18:23 WIB
loading...
H-8 Lebaran, Ribuan Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar
Delapan hari menjelang Lebaran 2024, ribuan pemudik dari berbagai daerah mulai memadati Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (2/4/2024). Foto/MPI/Abdoellah Nicolha
A A A
MAKASSAR - Delapan hari menjelang Idul Fitri atau Lebaran 2024, ribuan pemudik dari berbagai daerah mulai memadati Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (2/4/2024).

Para pemudik ini bahkan harus rela mengantri panjang saat petugas membuka loket keberangkatan. Mereka memilih mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan penumpang menjelang hari H lebaran.



Mayoritas pemudik ini merupakan perantau asal Jawa yang bekerja di Sulawesi Selatan, mereka akan menggunakan Kapal Pelni Dorolonda untuk tujuan Surabaya dan Jakarta.

Momen lebaran ini dimanfaatkan untuk kembali ke kampung halaman bertemu keluarga. Puncak arus mudik di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar diprediksi terjadi pekan ini.

“Sebanyak 1.561 pemudik bertolak dari Makassar menggunakan Kapal Pelni Dorolonda,” kata Kepala Cabang Pelni Makassar, Muhammad Jabir, kepada wartawan di area Pelabuhan Soekarno-Hatta, Selasa (2/4/2024).

Meski telah mengalami kepadatan pemudik, namun pihaknya tidak khawatir karena telah menyiapkan kapal untuk antisipasi, membludaknya penumpang saat puncak arus mudik dan balik nanti.


“Alhamdulillah, kapal di sini siap mengangkut pemudik, baik berangkat maupun balik, jadi 15 unit kapal pelni siap untuk mudik,” ujarnya.

Jabir juga mengemukakan, meski saat ini sudah dilengkapi dengan peralatan aplikasi pelayanan online demi memudahkan penumpang, namun pihaknya tetap menyediakan layanan offline.

“Saat ini di kantor Pelni masih melayani penumpang baik online ataupun langsung ke loket. Jadi kita masih ada servis di sana (kantor), yang tidak tahu melalui online bisa langsung ke loket,” katanya.

Terkait kondisi pelabuhan 8 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, pihaknya mengaku sudah mulai terlihat kepadatan penumpang dari tanggal 26-27 Maret, hal itu diprediksi akan terus meningkat dari sekarang hingga H-4 mendatang.

Sementara itu, salah seorang penumpang tujuan Jakarta, Herianto mengaku, memilih mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan pemudik di hari menjelang lebaran.

“Kami sengaja lebih awal karena ingin berlama-lama di kampung halaman, serta untuk menghindari padatnya penumpang nanti mendekati lebaran,” ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2000 seconds (0.1#10.140)