Dikalungkan Selendang, Ganjar Didapuk Jadi Warga Kehormatan Adat Lampung

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 06:53 WIB
loading...
A A A
Pasalnya di dalam kebudayaan ini, menurut Ganjar, ada nilai-nilai luhur yang menunjukkan sikap budi pekerti. Seperti menghormati orang tua, menyayangi teman, hingga menerima perbedaan sebagai niscaya.

“Agar anak-anak kita semakin paham, tidak hanya seninya tapi juga kepribadian dan karakternya. Menghormati orang tua, sesama, meskipun kita beda sukunya, agamanya, golongannya, tasnya, karena kita tetap indonesia,” imbuh Ganjar.

Dalam acara gebyar budaya, Ganjar mendapatkan sambutan meriah lewat berbagai tarian dan kesenian. Seperti Buto Gedruk, Rampak Barong, sampai Reog Ponorogo.

Turut hadir menyambut Ganjar dari Paguyuban Turonggo Cipto Manunggal (TCM) yakni Pembina TCM Sumarsono dan Kadek Joko, Ketua TCM Provinsi Lampung Jhoni Iswandi, Pembina TCM Provinsi Lampung Petrus Candra.

Dewan Pendiri TCM Palgunadi, serta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Lampung. “Saya menyampaikan terima kasih kedatangan saya ternyata disambut dengan kesenian dan kebudayaan,” tutur Ganjar.

Selain disematkan selendang tapis, Ganjar pun diberikan baju Warok Ponorogo oleh TCM.

Di acara tersebut, Ganjar juga menyerahkan bibit padi dan jagung MSP kepada petani, Gapoktan, hingga BUMDes setempat.

Sementara Gebyar Budaya di Lampung itu sendiri dimeriahkah oleh sejumlah penampilan seni budaya dan pegiat seni. Antara lain Tari Pegon Krido Sekar Budoyo, Turonggo Mendung Waseso, Tari Celeng Turonggo Wulung, dan Turonggo Cipto Manunggal Bali Ganjur.
(ams)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1707 seconds (0.1#10.140)