Terdampar di Pantai, Warga Selamatkan Seekor Anak Penyu

Senin, 03 Agustus 2020 - 13:32 WIB
loading...
Terdampar di Pantai, Warga Selamatkan Seekor Anak Penyu
Warga Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, berhasil menyelamatkan seekor anak penyu. Foto/iNews TV/Azdar Zula
A A A
KOLAKA - Warga Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), berhasil menyelamatkan seekor anak penyu yang terdampar di pantai, Minggu (2/8/2020) sore.

(Baca juga: 2 Ahli Waris Tagana Jatim Dapat Santunan Kematian BPJAMSOSTEK )

Awalnya seekor penyu ditemukan terdampar di sekitar pesisir pantai Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka , dalam kondisi masih hidup. Penyu tersebut, ditemukan oleh sejumlah anak yang sedang bermain di sekitar pantai.

Karena penasaran, anak-anak tersebut langsung membawanya ke pemukiman warga, sehingga keberadaan penyu tersebut mengundang kerumunan warga Kecamatan Pomalaa . Akhirnya salah seorang warga Pomalaa, Arul, langsung mendatangi kerumunan warga dan mengambil penyu tersebut untuk dilepasliarkan ke habitatnya.

Menurut Arul, penyu merupakan satwa yang dilindungi oleh Undang-undang sehingga harus dijaga kelangsungan hidupnya. Tak hanya itu, Arul juga berharap agar populasi penyu di perairan Teluk Bone dapat tetap terjaga.

(Baca juga: Penumpang Tewas di Pelabuhan Bakauheni, Diduga Positif COVID-19 )

"Awalnya saya melihat anak-anak bermain penyu, makanya langsung saya datangi mereka dan menanyakan dari mana asal satwa tersebut. Rupanya penyu tersebut terdampar di Pantai Pomalaa , makanya saya langsung lepasakan kembali ke habitatnya agar populasi penyu tetap terjaga," ungkapnya.

Keberadaan penyu di perairan Teluk Bone , tepatnya di sekitar Pantai Pomalaa , memang kerap ditemukan sejumlah penyu oleh nelayan. Namun penyu tersebut tidak diburu atau ditangkap, sebab nelayan mulai paham jika satwa tersebut dilindungi.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2114 seconds (0.1#10.140)