alexametrics

Hasto: Ibu Hamil Terpapar COVID-19 Tak Tulari ke Bayinya

loading...
Hasto: Ibu Hamil Terpapar COVID-19 Tak Tulari ke Bayinya
Kepala BKKBN Hasto Wardoyo memberikan keterangan soal ibu terpapar COVID-19 tidak tulari bayinya di UNY, Sabtu (1/8/2020). Foto/SINDOnews/Priyo Setyawan
A+ A-
SLEMAN - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo mengatakan, sampai sekarang belum ada bukti ibu yang terpapar COVID-19 menyebabkan dampak negatif kepada bayinya.

(Baca juga: Digandeng PDIP, Biduan Iyeth Bustami Maju di Pilkada Bengkalis)

"Artinya belum belum ada bukti terjadinya penularan transplasental antara ibu kepada bayinya," kata Hasto soal ibu terpapar COVID-19 tidak tulari bayinya di UNY, Sabtu (1/8/2020).

Namun jika ada infeksi, ada bukti lain bayi itu terpengaruh dari infeksinya. Jika ibunya panas deman itu berpengaruh tetapi penularan belum terbukti, tetapi sekali lagi jangan mengandalkan yang awal, sebab biasanya bukti awal itu baru terbukti setelah beberapa tahun.



"Untuk itu jika ibunya positif COVID-19 maka bayinya harus dipisah. Tidak boleh rooming in (rawat gabung)," jelasnya. (Baca juga: Hingga Tengah Malam, Pelayat Masih Banjiri Makam Gus Im)

Hasto menjelaskan dulu memang ibu harus segera menyusui jadi satu untuk kehagngatan anaknya, namun saat pandemi COVID-19 ini tidak ada lagi rooming in tersebut.
(eyt)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak