Ujian Ridwan Kamil di Balik Satu Abad Gedung Sate

Selasa, 28 Juli 2020 - 13:28 WIB
loading...
Ujian Ridwan Kamil di Balik Satu Abad Gedung Sate
Wajah baru Gedung Sate yang kini sudah tampil kekinian lewat revitalisasi yang telah dilakukan Pemprov Jabar di bawah kepemimpinan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Foto/Dok. Humas Jabar
A A A
BANDUNG - Pandemi COVID-19 telah merusak impian Gubernur Jawa Barat , Ridwan Kamil untuk menghadirkan Gedung Sate sebagai ikon sekaligus destinasi wisata istimewa bagi warganya dan wisatawan yang berkunjung ke Jabar.

(Baca juga: Swab Mandiri, Wakil Wali Kota Solo Telah Negatif COVID-19 )

Betapa tidak, upayanya untuk mengubah kesan 'angker' Gedung Sate di usianya yang menginjak 100 tahun kini sudah hampir rampung. Bahkan, tampilan gedung megah itu pun kini menjadi lebih kekinian dengan penataan dan revitalisasi yang telah dilakukan.

Namun apa daya, gara-gara pandemi COVID-19, warga Jabar dan wisatawan terpaksa harus menunda waktu untuk menikmati keindahan setiap sudut wajah baru gedung megah karya arsitek J Gerber, Eh De Roo G, dan Hendriks itu.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengungkapkan, sejumlah rencana yang telah disusun untuk memperingati 100 tahun gedung megah yang mulai dibangun 27 Juli 1920 itu terpaksa dibatalkan akibat pandemi.

(Baca juga: Curi Singkong untuk Makan, Pemuda Banyuwangi Ditangkap Polisi )

Bahkan, meski sempat dibuka untuk masyarakat dan wisatawan sebelum pandemi melanda, kawasan Gedung Sate kini kembali ditutup untuk umum. Masyarakat dan wisatawan yang hendak menyusuri jejak-jejak sejarah dengan bantuan tour guide pun terpaksa menunda keinginannya.

"Ketika menjadi Gubernur, memperingati 100 tahun Gedung Sate . Sekarang, COVID-19 juga bagi saya ini adalah ujian dari sejarah hidup saya. Namun, saya berbangga dengan 100 tahun Gedung Sate ," ungkapnya.

Meski begitu, Kang Emil menyatakan, peringatan seabad Gedung Sate tetap terlaksana dengan merawat dan menjaganya. Penataan dan perbaikan fasilitas Gedung Sate yang selama ini dilakukan, kata Kang Emil, menjadi buktinya.

Lebih lanjut Kang Emil menilai, Gedung Sate memiliki nilai arsitektur yang tinggi. Menurutnya, tidak ada gedung pemerintahan yang bisa mengalahkan arsitektur maupun estetika Gedung Sate .
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)