Kisah Cahyo Widodo, Difabel Semarang yang Kini Punya Banyak Warung

Minggu, 26 Juli 2020 - 09:35 WIB
loading...
Kisah Cahyo Widodo, Difabel Semarang yang Kini Punya Banyak Warung
Cahyo Widodo, difabel asal Semarang ini sukses mendirikan sejumlah warung setelah sempat terpuruk akibat pandemi COVID-19. Foto/Ist.
A A A
SEMARANG - Memiliki keterbatasan fisik, bukan sebagai penghalang bagi warga Kota Semarang, bernama Cahyo Widodo (42) ini. Dia memiliki kisah inspiratif yang layak untuk ditiru. Keterbatasan fisik tak membuatnya menyerah dalam menghadapi kesulitan ekonomi yang tengah membelit.

(Baca juga: Kakek 67 Tahun di Kebumen 5 Kali Setubuhi Gadis 14 Tahun )

Terlebih dalam situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini yang membuat pelaku usaha, khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus berjuang keras tak hanya secara konvensional namun juga dituntut harus bertransformasi ke digital atau secara online.

Berkat perjuangan tak mengenal lelah, kini Dodo, begitu ia akrab disapa berhasil membuka beberapa warung yang menjadi sumber penghasilan sehari-hari.

(Baca juga: TNI-Polri Kerja Keras Atasi Dampak Banjir di Bolsel dan Bolmong )

Sebelumnya, Dodo telah mengalami jatuh bangun dalam membangun usaha warung sejak tahun 2001 silam. Sayangnya, semua usaha warung tersebut gagal karena tidak bisa berkembang.

Pantang menyerah, ia kemudian mencoba bersinergi dengan platform digital GrabKios dan memanfaatkan teknologi serta strategi pemasaran lewat digital dengan GrabKios.

"Saya mengubah konsep warung dengan menambahkan tempat nongkrong agar pembeli bisa minum kopi dan bersantai sejenak di tempat saya. Sambil melayani pembeli, saya rajin menawarkan isi pulsa atau membayar tagihan melalui aplikasi," ungkap Dodo.

Ia menuturkan, ketika awal menjadi Agen GrabKios, dirinya sempat mengalami kebingungan apabila ada orang yang ingin bertransaksi secara digital.

"Saya ikuti program #TerusUsaha belajar menggunakan ponsel. Setelah bisa dan terbiasa menggunakan aplikasi, saya pun rutin membuat status di WhatsApp (WA) untuk memberitahu bahwa di warung saya sudah bisa melakukan isi ulang pulsa, membeli token listrik, serta membayar berbagai tagihan," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)