Jaga Kebugaran Tubuh dengan Aktivitas Olahraga Teratur

Jum'at, 12 Mei 2023 - 22:05 WIB
loading...
A A A
Menurut Dewi, jenis telapak kaki berpengaruh juga terhadap pronasi kaki yang dialami dan nantinya berpengaruh kepada kenyamanan saat digunakan. Penting diketahui terdapat tiga bentuk atau kelengkungan telapak kaki yaitu low arch, normal, dan high arch.

Perbedaan tersebut menghasilkan tiga tipe pronasi yaitu under pronation, neutral, dan over pronation. "Oleh karena itu, agar lebih nyaman saat berlari, pilihlah sepatu lari yang sesuai dengan tipe bentuk telapak kaki," pungkasnya.

3.Pilih sepatu sesuai dengan tempat lari

Penting juga untuk mempertimbangkan tempat di mana Anda akan berlari. Jenis sepatu lari berdasarkan jalurnya dibagi menjadi tiga subkategori: road-running shoes, trail-running shoes, dan cross-training shoes.

Road-running shoes, jelasnya, merupakan sepatu yang dirancang untuk berlari di jalanan atau di aspal. Lalu, ada trail-running shoes, cocok untuk berlari di alam bebas.

"Selanjutnya, ada cross-training shoes untuk berlari indoor dengan treadmill. Jadi, penting untuk memperhatikan medan berlari untuk menentukan jenis sepatu yang akan kamu pakai," urainya.

4.Pilih ukuran sepatu yang sesuai

Ukuran sepatu juga menjadi hal penting agar dapat menjaga keseimbangan dan menghindari cedera. Hindari memilih sepatu dengan ukuran yang terlalu kecil karena bisa membuat kaki mu lecet.

Sebaliknya, jangan memilih dengan ukuran yang terlalu besar juga karena akan membuat tidak nyaman saat berlari. Selain itu, pastikan juga untuk mempertimbangkan lebar kaki supaya sepatu nyaman dipakai berlari.

5.Pilih sepatu yang ringan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 3.8012 seconds (0.1#10.140)