Laut Natuna Dibanjiri Kapal Lengkong dan Cantrang, Ketua Nelayan: Pasti Akan Terjadi Pembakaran!

Selasa, 28 Maret 2023 - 16:08 WIB
loading...
A A A
Oleh karena itu, KKP diminta bertanggung jawab serta mengawasi keberadaan kapal pukat lengkong dan cantrang di Laut Natuna.

"Kita minta tanggung jawab KKP yang memberikan izin itu untuk mengawasi," katanya.

Menurutnya, meski pemerintah daerah tidak memiliki kewenangan di laut tetapi pihaknya tetap menentang penggunaan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan di Natuna.

Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten Natuna juga berkepentingan dalam menjaga dan membela nelayan yang menggantungkan hidup dari laut.

Kehadiran kapal-kapal yang berkapasitas di atas 30 GT itu juga membuat risau Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna. Lantaran para nelayan Natuna dikhawatirkan akan melakukan hal yang tidak diinginkan atau terjadi bentrokan.

"Kita sudah risau. Jangan sampai terjadi bentrokan dari nelayan. KKP harus maksimalkan pengawasan terkait masalah ini," kata Rodhial Huda.

Selain itu, aparat terkait juga diminta untuk memperkuat dan memperketat pengawasan terhadap kapal yang melakukan penangkapan pada wilayah di bawah 30 mil. Pasalnya daerah itu merupakan kawasan untuk nelayan tradisional setempat.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2042 seconds (0.1#10.140)