MNC Peduli Dapat Apresiasi dari SMC RS Telegorejo atas Penanggulangan Sumbing

Rabu, 15 Maret 2023 - 19:18 WIB
loading...
A A A
Ada banyak faktor penyebabnya, mulai keturunan, nutrisi, riwayat paparan rokok, konsumsi obat-obatan dan berbagai penyebab lain.

“Jadi bibir sumbing cukup banyak faktor penyebabnya. Kira-kira satu dari 300 atau kelahiran hidup ada yang mengalami bibir sumbing, dalam satu hari. Jadi sekitar 10 atau 20 yang lahir mengalami bibir sumbing,” ungkapnya.

Pencegahan, sebut dokter spesialis bedah plastik itu bisa dilakukan. Misalnya; pernikahan tidak terlalu tua ataupun terlalu muda, nutrisi yang baik saat kehamilan dan tidak konsumsi obat-obatan. Akan tetapi jika karena faktor keturunan tidak bisa dilakukan lantaran merupakan bawaan.

Thomas Eduardus mengatakan satu-satunya jalan penanganannya adalah operasi. Untuk bibir sumbing idealnya dioperasi sebelum usia 3 bulan dan berat badan sekitar 5 kg. jika langit-langit, dari usia 10 bulan sampai 18 bulan tidak lebih dari itu idealnya ketika dilakukan penanganan.

“Karena arahnya ke bicara, jadi suaranya bisa sengau,” lanjutnya.

Kendala saat operasi, nyaris tidak ada. Selain tingkat pengetahuan dari pasien dan peralatannya juga relatif sederhana. Bahkan, sebutnya, dikerjakan di tempat yang sangat terbatas pun bisa.

“Kami pernah baksos di daerah terpencil, pernah juga di atas kapal (operasinya),” jelasnya.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1519 seconds (0.1#10.140)