MNC Peduli Dapat Apresiasi dari SMC RS Telegorejo atas Penanggulangan Sumbing

Rabu, 15 Maret 2023 - 19:18 WIB
loading...
MNC Peduli Dapat Apresiasi dari SMC RS Telegorejo atas Penanggulangan Sumbing
Ketua MNC Peduli, Syafril Nasution saat talkshow Pencegahan dan Perawatan Pasca Operasi Sumbing di Auditorium SMC RS Telogorejo Semarang pada Rabu (15/3/2023). Foto/Ist
A A A
SEMARANG - Setiap tahun diperkirakan ada sekitar 8.000 dari 6 juta kelahiran bayi lahir dengan kondisi bibir sumbing. Hingga saat ini, penyebab terjadinya bibir sumbing belum diketahui secara pasti.

Bibir sumbing diduga terkait dengan akibat kombinasi faktor genetik, gizi dan kondisi ibu selama kehamilan, maupun faktor lingkungan sekitar.


Untuk memberikan edukasi terkait kondisi sumbing, SMC RS Telogorejo menggelar talkshow “Pencegahan dan Perawatan Pasca Operasi Sumbing” di Auditorium SMC RS Telogorejo Semarang, Rabu (15/3/2023).

SMC RS Telogorejo menghadirkan Ketua MNC Peduli, Syafril Nasution bersama dr. Thomas Eduardus selaku dokter spesialis bedah plastik SMC RS Telogorejo dan juga orangtua dari salah satu anak dengan kondisi bibir sumbing, Novita Sari.

Acara ini dihadiri peserta yang berasal dari mahasiswa keperawatan, orangtua dari anak dengan kondisi sumbing dan masyarakat umum.

Dalam talkshow ini dibahas tuntas mengenai pemahaman kondisi sumbing mulai dari pencegahan sumbing yang dapat diantisipasi oleh calon ibu dan ibu hamil hingga edukasi perawatan pasca operasi bibir sumbing.



SMC RS Telogorejo Semarang juga memberikan apresiasi kepada MNC Peduli atas kepedulian dalam penanggulangan sumbing di Semarang dan sekitarnya secara konsisten sejak 2012.

Direktur Utama SMC RS Telogorejo dr. Alice Sutedjo Lisa, M.K.M mengemukakan masyarakat luas belum mengetahui apa penyebab dari bibir sumbing. Selain itu, saat dan setelah operasi orangtua tentunya was-was karena yang dioperasi adalah anak-anak.

“Mereka berpikir, bahaya apa nggak ya dioperasi? Oleh karena itu acara ini juga untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1562 seconds (0.1#10.140)