Gunung Merapi Erupsi, Ini Kawasan Rawan Bencana yang Harus Diwaspadai

Sabtu, 11 Maret 2023 - 16:31 WIB
loading...
Gunung Merapi Erupsi, Ini Kawasan Rawan Bencana yang Harus Diwaspadai
Gunung Merapi meletus, Sabtu (11/3/2023). Foto-foto/Twitter @BPPTKG
A A A
JAKARTA - Gunung Merapi memuntahkan wedus gembel, yang meluncur deras ke arah Kali Bebeng, dan Kali Krasak, sejauh 7 km, Sabtu (11/3/2023) pukul 12.12 WIB. Erupsi di Sabtu Legi tersebut, mengakibatkan sejumlah wilayah di Yogyakarta, dan Jawa Tengah mengalami hujan abu.



Dilansir dari laman bpptkg.esdm.go.id, dan unggahan di akun Twitter @BPPTKG disebutkan, kawasan rawan bencana erupsi Gunung Merapi, terbagi tiga. Yakni Kawasan Rawan Bencana (KRB) III, KRB II, dan KRB I.



KRB III merupakan kawasan paling dekat dengan sumber bahaya erupsi Gunung Merapi. Yakni kawasan yang sering terlanda awan panas, aliran lava, guguran batu, lontaran batu pijar, dan hujan abu lebat.



Jangkauan awan panas di KRB III, bisa mencapai 15 km dari puncak Gunung Merapi. KRB III ini tidak direkomendasikan sebagai tempat hunian. Dari pemetaan BPPTKG disebutkan, KRB III meliputi Kali Apu, Kali Tlingsing, Kali Senowo, Kali Woro, Kali Putih, Kali Gendol, Kali Bebeng, Kali Krasak, Kali Bedong, Kali Kuning, dan Kali Boyong.

Selain itu, ada sejumlah dusun yang masuk KRB III, yakni Kepuh, Pagerjubang, Tegalbarep, Giriharjo, Jambu, Petung, Trukan, Pangukrejo, Sidorejo, Tangkisan, Kedungsriti, Godang, Bendo, Balong, Kaliurang, Tripis, Turgotegal, Tritis Wetan, Ngandong, Tritis, Tunggularum, Bebeng, Kinarejo, Palemsari, Kaliadem, Kalitengah Kidul, dan Kalitengah Lor.

Gunung Merapi Erupsi, Ini Kawasan Rawan Bencana yang Harus Diwaspadai


Sedangkan KRB II, merupakan kawasan yang rawan terjadi awan panas, aliran lava dan lahar, serta material lontaran batu pijar. Kawasan ini berada di lembah sungai di lereng utara, barat, barat daya, selatan, dan tenggara Gunung Merapi, batasnya 17 km dari puncak.

Pada KRB II meliputi daerah yang berada di aliran Kali Apu, Kali Tlingsing, Kali Senowo, Kali Woro, Kali Putih, Kali Gendol, Kali Bebeng, Kali Krasak, Kali Bedong, Kali Kuning, dan Kali Boyong.



Sementara untuk KRB I, yakni kawasan yang rawan terjadi lahar, dan banjir, perluasan awan panas, serta aliran lava. Lahar mengalir ke Kali Gendol, Kali Apu, Kali Trising, Kali Senowo, Kali Lamat, kali Putih, Kali Bebeng, Kali Krasak, kali Bedog, Kali Boyong, Kali Kuning, Kali Opak, dan Kali Woro.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1143 seconds (0.1#10.140)