Diterjang Angin Puting Beliung, Pohon Tumbang Tutup Jalur Kereta Api dan Puluhan Rumah Rusak

Minggu, 05 Maret 2023 - 23:35 WIB
loading...
Diterjang Angin Puting Beliung, Pohon Tumbang Tutup Jalur Kereta Api dan Puluhan Rumah Rusak
Puting beliung mengakibatkan pohon tumbang dan menutup rel kereta api. Selain itu ada puluhan rumah rusak akibat diterjang angin. Foto/iNews TV/Arif Wahyu Efendi
A A A
MADIUN - Angin puting beliung menerjang wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Minggu (5/3/2023) sore. Akibatnya, sejumlah pohon tumbang dan puluhan rumah warga rusak. Pohon tumbang juga menutup jalur kereta api, hingga memaksa Kereta Api Jayakarta tujuan Jakarta, berhenti.



Kereta api Jayakarta dari arah Surabaya, terhenti di km 153 Desa Wonoasri, Kabupaten Madiun, karena jalurnya tertutup batang pohon yang tumbang usai diterjang angin puting beliung diserta hujan deras.



Petugas dari PT KAI Daops 7 Madiun, dibantu warga, berupaya keras membersihkan batang pohon yang tumbang dan menutul rel kereta api tersebut. Setelah pembersihan batang pohon selesai dilakukan, Kereta Api Jayakarta akhirnya bisa melanjutkan perjalanannya kembali.



Angin puting beliung disertai hujan deras, juga mengakibatkan puluhan rumah warga rusak. Rumah-rumah warga yang rusak diterjang angin puting beliung, ada di Desa Sidomulyo, dan Desa Plumpungrejo, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun.

Salah seorang warga korban angin puting beliung, Sunardi menyebutkan, angin kencang disertai hujan deras tiba-tiba saja datang, dan langsung menerbangkan atap-atap rumah warga. "Dapur rumah saya roboh, karena tidak kuat menahan angin dan hujan," ungkapnya.

Diterjang Angin Puting Beliung, Pohon Tumbang Tutup Jalur Kereta Api dan Puluhan Rumah Rusak


Lebih lanjut Sunardi mengungkapkan, saat angin puting beliung menerjang, juga terlihat ada butiran es yang berjatuhan. "Kami sempat panik melihat angin kencang dan hujan deras, sehingga lari menyelamatkan diri," imbuhnya.

Menurut Bhabinkamtibmas Desa Sidoamulyo, Bripka Purnomo, ada puluhan rumah warga yang mengalami kerusakan akibat angin puting beliung, disertai hujan deras. Saat ini warga mengungsi di rumah-rumah warga lainnya yang kondisinya aman.



"Aliran listrik di tiga desa di Kecamatan Wonosari juga mengalami pemadaman, karena banyaknya pohon tumbang mengakibatkan jaringan kabel listrik putus. Angin puting beliung tersebut terjadi sangat cepat, tetapi mengakibatkan banyak kerusakan. Tidak ada korban jiwa akibat bencana angin puting beliung ini," tuturnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)