alexametrics

Jelang Kurban Waspada Penyakit Menular dari Hewan ke Manusia !

loading...
Jelang Kurban Waspada Penyakit Menular dari Hewan ke Manusia !
Disnakkeswan Provinsi Jawa Tengah mengingatkan tentang bahaya penyakit menular dari hewan ke manusia. FOTO Ilustrasi: DOK SINDOnews
A+ A-
SEMARANG - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Jawa Tengah menyebutkan bahwa populasi sapi, kambing domba dan kerbau surplus untuk mencukupi kebutuhan kurban pada 2020. Namun, pihaknya tetap waspada akan masuknya hewan dari daerah lain menjelang Idul Adha.

Kepala Disnakkeswan Jateng Lalu Muhammad Syafriadi mengatakan, pihaknya mencatat, jumlah populasi sapi mencapai 1.786.933 ekor, kerbau 59.479 ekor, kambing 3.969.840 ekor dan domba 2.418.431 ekor. Adapun, perkiraan kebutuhan untuk kurban tahun 2020, sapi sebanyak 104.164 ekor, kerbau 4.248 ekor, kambing 264.619,ekor dan domba 101.819 ekor.

Dengan potensi populasi tersebut, imbuhnya, Jawa Tengah mampu memenuhi kebutuhan hewan kurban. Namun, masih banyak dijumpai pelaku usaha musiman yang memasukkan hewan dari daerah Bali, Nusa Tenggara Barat, ataupun Nusa Tenggara Timur.

“Di samping harganya relatif murah dibanding sapi lokal, Jawa Tengah juga berperan dalam mendukung kebutuhan nasional akan hewan kurban, terutama di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi),” ujar Lalu, Rabu (15/7/2020).



Oleh karena itu, Disnakkeswan Jateng telah menerbitkan surat edaran terkait peningkatan, pengawasan dan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban tahun 2020. Pihaknya meminta para peternak melakukan suntik anticacing hati, setidaknya dua bulan sebelum Iduladha.

“Kami juga menyiagakan Pos Lalulintas Ternak yang berada di perbatasan daerah untuk melaksanakan pemeriksaan Surat Kesehatan Hewan (SKH) dan penyemprotan hewan. Bilamana ada yang tak sesuai, bisa mengeluarkan penolakan terhadap pemasukan (ke Jateng) hewan tersebut,” paparnya.



Pihaknya, juga mengingatkan agar peternak waspada terkait zoonosis, yakni penyakit menular dari hewan ke manusia. Karena ada wilayah, seperti Wonogiri, yang pernah ditemukan penyakit anthrax atau sapi gila.(Baca juga : Lahan Tandus Ini Disulap Jadi Perkebunan Hortikultura)
(nun)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak