Markija Beri Kesempatan Mahasiswa Vokasi Indonesia Magang ke Eropa

Minggu, 12 Februari 2023 - 15:03 WIB
loading...
A A A
“Semua negara industri akan menjadi sasaran kita. Karena hukum paling dasar dari ekonomi adalah, supply dan demand. Kita memiliki banyak SDM vokasi terampil, namun industrinya tidak banyak, di sana sebaliknya industri banyak, SDM-nya sedikit," tambah Heru.

Tunjangan magang untuk mahasiswa/i vokasi di Eropa lanjut Heru, tentunya juga lebih tinggi di bandingkan di Indonesia.

“Program magang ini tidak di subsidi oleh pemerintah, artinya ini market driven, dan program ini menguntungkan semua pihak yang terlibat, baik itu Industri di Eropa, Politeknik/Sekolah Vokasi, Mahasiswa, hingga peningkatan SDM dan Ekonomi negara terlibat," bebernya.

Presiden Direktur Markija, Bence Schmatovic juga mengatakan, Feedback dari Industri sangatlah baik dan permintaan dari Industri Eropa terus meningkat.

"Kami bekerja keras menemukan kesesuaian di industri baru dengan memfokuskan magang pada bidang keteknikan namun tidak menutup peluang untuk posisi lainnya, sehingga lebih banyak lagi mahasiswa/i vokasi yang dapat mengikuti Program Magang Markija," tandasnya.

Dukungan yang sama disampaikan oleh Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Kemendikbud Ristek RI Dr. Benny Bandanadjaja.
Ia mengatakan bahwa program ini sudah berjalan hampir 2 tahun. “Kami melihat kegiatan ini sangat bagus untuk mahasiswa vokasi karena mereka disana mereka bisa bergerak di lini industri," kata Benny.

"Belum lagi mereka mendapatkan tunjangan, transport dan lainnya. Serta segala hal administratif sudah diberikan perizinan oleh Kedutaan, Pihak Kementerian, dan Pihak Hongaria di sana," tambahnya.

Dukungan juga disampaikan oleh Duta Besar Hongaria, H.E Lilla Karsay untuk Indonesia. Menurutnya, program magang Markija mendapat dukungan penuh dari pemerintah Hongaria dalam administrasi.

"Perlu diketahui bahwa pengurusan visa di Kedutaan membutuhkan waktu yang cukup lama, namun dengan adanya kerjasama antara Markija dan Kedutaan Hongaria, maka jangka waktu pembuatan visa dapat dipersingkat," sebutnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Csongor Juhász Founder dan CEO Prohuman, Perusahaan Human Resource terbesar di Hongaria dan Eropa Tengah yang berperan penting dalam meningkatkan kepercayaan antara Mahasiswa Vokasi dengan industri di Hongaria dalam program magang Markija ke Eropa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6102 seconds (0.1#10.140)