Profil 100 Tokoh Melayu Nusantara Bakal Dibukukan untuk Dikenang Milenial

Selasa, 24 Januari 2023 - 07:12 WIB
loading...
A A A
Pertama, seseorang dari Puak Melayu yang berjasa dan berjuang dalam berbagai bidang yang ketokohannya telah mendapat pengakuan masyarakat atau pemerintah (pusat/daerah), lembaga-lembaga profesi atau Perguruan Tinggi.

Kemudian, seseorang yang lahir beragama Islam dan dibesarkan dalam adat resam Melayu.

Semenda Melayu, atau sesorang yang menikah dengan orang Melayu yang kemudian mengikuti dan menjalankan adat resam Melayu dalam kehidupannya sehari-hari. Serta seseorang bukan Melayu yang berjuang dan mendedikasikan hidupnya untuk kepentingan dunia Melayu dan sosoknya diakui oleh komunitas Melayu.

Terkait rencana penulisan buku ini, tim sudah menginventarisir lebih 200 nama tokoh Melayu yang layak ditampilkan. Karena itu, sejumlah proses lebih lanjut dibutuhkan untuk menetapkan pilihan terhadap 100 tokoh untuk ditampilkan dalam buku seri kesatu ini.

"Cukup sulit bagi tim dan panitia menentukan siapa-siapa yang 100 orang tokoh untuk mengisi buku pertama ini. Misalnya ada tokoh Melayu yang populer dan dikenal luas masyarakat namun saat ditelusuri sangat sedikit referensi yang didapat. Karena itu dibutuhkan FGD ini membantu memberi masukan bagi tim penulis dan panitia," katanya.

Dalam FGD tersebut dibahas dari berbagai aspek, termasuk kriteria- kriteria ketokohan. Nantinya, para tokoh Melayu tersebut akan dibagi dalam berbagai bidang atau profesi seperti ulama, tokoh pendidikan, politisi, birokrat, militer, sastrawan dan budayawan hingga wartawan.

Pilihan terhadap tokoh Melayu berskala nusantara didasarkan pada cakupan wilayah kerja organisasi, yaitu PB ISMI yang merupakan jenjang pengurus ISMI tingkat nasional. Nantinya Pengurus Wilayah dapat pula menerbitkan buku tokoh Melayu di tingkat provinsi wilayah melibatkan Pengurus Daerah (PD) ISMI untuk kabupaten/kota
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2198 seconds (0.1#10.140)