Profil 100 Tokoh Melayu Nusantara Bakal Dibukukan untuk Dikenang Milenial

Selasa, 24 Januari 2023 - 07:12 WIB
loading...
Profil 100 Tokoh Melayu Nusantara Bakal Dibukukan untuk Dikenang Milenial
Ikatan Sarjana Melayu Indonesia (ISMI) menggelar focus group discussion (FGD) membahas rencana pembuatan buku cerita 100 tokoh melayu se antero nusantara
A A A
MEDAN - Ikatan Sarjana Melayu Indonesia (ISMI) akan membukukan cerita 100 tokoh melayu seantero nusantara. Buku bertajuk '100 Tokoh Melayu Nusantara' itu disusun agar menjadi bacaan kaum milenial untuk mengenal tokoh-tokoh masyarakat Melayu di negeri ini.

Untuk penyusunan buku tersebut, pengurus besar ISMI menggelar focus group discussion (FGD) di Medan Club, Jalan R.A Kartini, Kota Medan, Senin (23/1/2023).

Hadir dalam FGD itu, Ketua PB ISMI, Dr. Tengku Erry Nuradi didampingi Sekretaris Prof.Dr. Ilmi Abdullah dan jajaran pengurus PB ISMI lainnya. Diantaranya Prof. Djohar Arifin Husein, Mayjen TNI (Purn) muhammad Hasyim, Prof.Fachruddin Azmi, Prof Basyaruddin, Prof Sublihar, Prof Ilmi Abdullah, Dr. Milhan Yusuf, Dr Emmy Erwina, Dr Wardayani, Dr Tengku Syafrina dan tokoh lainnya.

Hadir pula tim penulis yang diketuai Dr.Phil Ikhwan Azhari serta editor penyusun buku yang dipercayakan kepada Prof Pujiati Chalid, Ketua Dr.Abdul Rahim dan Sekretaris, Dr. Sri Rezeki.

Baca juga: Nahas! Santri Kelas VII Musthafawiyah di Madina Hanyut Terseret Arus Sungai

Tengku Erry menyebut banyak sekali tokoh-tokoh melayu yang memberi sumbangsih terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dorongan menerbitkan buku 100 tokoh ini agar generasi muda kita tidak akan kehilangan jejak sejarah masa lalu.

"Mari kita wariskan nilai-nilai kepahlawanan kepada anak cucu kita," kata Erry.

Saat ini, tim penulis yang diketuai sejarawan Dr.Phil Ikhwan Azhari, tengah dalam proses mengumpulkan referensi dan seleksi untuk memilih 100 orang tokoh dari begitu banyak sosok yang tergolong tokoh Melayu untuk ditampilkan dalam buku yang akan terbit dalam waktu dekat.

"Karena tokoh Melayu yang layak dibukukan jumlahnya cukup banyak sedangkan rencana yang disepakati panitia buku tersebut mengakomodir 100 orang, untuk yang pertama diberi judul '100 Tokoh Melayu Nusantara jilid 1," jelas Erry.

Sementara itu, Ketua tim penulis, Dr. Phil. Ikhwan Azhari dalam paparannya mengungkapkan kriteria 100 tokoh Melayu yang akan dibukukan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1736 seconds (10.101#12.26)