Berduka Kehilangan Uu Rukmana, Pj Gubernur Jabar: Beliau Berdedikasi Besar untuk Warga

Senin, 04 Maret 2024 - 17:10 WIB
loading...
Berduka Kehilangan Uu Rukmana, Pj Gubernur Jabar: Beliau Berdedikasi Besar untuk Warga
Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin saat pemakaman tokoh politik dan budayawan Sunda yakni Uu Rukmana. Foto/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin menyampaikan duka mendalam atas berpulangnya tokoh politik dan budayawan Sunda yakni Uu Rukmana.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun, pertama-tama kami atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyampaikan duka cita mendalam atas berpulangnya Bapak Uu Rukmana," ucap Bey saat menghadiri pemakaman Uu Rukmana di TPU Astana Anyar, Kota Bandung, Senin (4/3/2024).

Diketahui, Uu Rukmana berpulang dalam usia 76 tahun di Rumah Sakit Advent Kota Bandung, Minggu (3/3/2024) sekitar pukul 18.50 WIB.



“Kita kehilangan seorang tokoh Jawa Barat, beliau tak hanya tokoh politik, tapi juga memiliki dedikasi yang besar untuk warga Jabar, terutama di bidang kebudayaan, budaya Sunda," ujar Bey.

Selain menyampaikan doa dan dukungan moril untuk keluarga yang ditinggalkan, Bey juga mengingatkan tentang semangat persatuan dan kelestarian budaya Sunda dari mendiang Uu Rukmana yang dikenal akrab dengan semua kalangan.

"Dengan siapapun kita harus tetap bersatu. Dalam kondisi sekarang, kita sama-sama membangun Jawa Barat dan pesan beliau adalah mempertahankan dan menjaga kelestarian budaya Sunda," ungkapnya.

Uu Rukmana lahir dan besar di Kota Bandung. Karier politiknya dimulai sejak tahun 1972 menjadi anggota DPRD Kota Bandung hingga mengemban Wakil Ketua DPRD Jabar periode 2004-2009 serta anggota DPRD Jabar periode 2009-2014.



Mendiang juga aktif dalam kegiatan organisasi kebudayaan Sunda. Dikenal gigih merawat budaya Sunda, sosok Uu Rukmana pernah menjadi Pemimpin Redaksi Mangle, majalah berbahasa Sunda.

"Beliau sangat ingin budaya Sunda tetap eksis. Semoga kita bisa meneladani apa yang beliau arahkan," tandasnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1872 seconds (0.1#10.140)