Urus Surat dari Desa Hingga Kecamatan Cukup di Aplikasi Petung Dadi

Senin, 13 Juli 2020 - 22:15 WIB
loading...
A A A
"Jadi intinya kita ingin sekarang ini satu aplikasi bisa melayani surat-menyurat yang diperlukan oleh seluruh masyarakat," ungkapnya.

"Kalau pemohon tidak mau nunggu atau tidak mau ribet ya tidak usah dicetak atau datang lagi ke kantor desa. Langsung aja diminta dikirimkan suratnya ke nomor whatsapp, nanti silahkan dicetak dimana saja. Itu suratnya sudah bisa berlaku dan suratnya sudah ada tandatangan elektronik," imbuhnya melengkapi.

Pemimpin muda ini juga mengatakan dengan aplikasi yang berbasis mobile, maka seluruh desa yang tersedia jaringan internet bisa mengakses aplikasi Petung Dadi.

Kendati demikian, masih ada 28 desa yang belum bisa mengakses aplikasi ini dikarenakan jaringan internet yang belum memadai. Namun hal ini akan dijadikan target oleh Pemkab Trenggalek di Tahun 2021 agar bagaimana internet terakses ke seluruh desa di Kabupaten Trenggalek.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Trenggalek, Edif Hayunan Siswanto, S.Sos, M.Si menambahkan lewat aplikasi ini bisa masyarakat bisa lebih berhemat tanpa harus bolak-balik datang ke lokasi kantor pelayanan. Bahkan jika memiliki peralatan sendiri, masyarakat bisa mencetak surat yang dikirim melalui whatsapp secara mandiri .

"Bisa dikirim lewat wa, bisa dicetak di rumah sendiri, jadi sangat hemat sekali," jelasnya.

"Nilai plusnya, data-data penduduk itu kita konekkan dengan data SIAK Dukcapil. Sehingga ketika kita membuka NIK itu, semua data yang dibutuhkan dalam surat menyurat itu sudah keluar semuanya," katanya
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2180 seconds (0.1#10.140)