Revitalisasi Pasar Pon Trenggalek Rampung, Bangunan Megah Nan Ikonik

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 08:07 WIB
loading...
Revitalisasi Pasar Pon Trenggalek Rampung, Bangunan Megah Nan Ikonik
Kementerian PUPR telah merampungkan Revitalisasi Pasar Pon Trenggalek di Jawa Timur. Foto/Istimewa
A A A
TRENGGALEK - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan Revitalisasi Pasar Pon Trenggalek di Jawa Timur. Revitalisasi ini untuk meningkatkan kualitas pasar, menciptakan suasana lebih nyaman dan modern.

Pejabat Fungsional Tata Bangunan dan Perumahan Ahli Madya Kementerian PUPR Anita Listiarini mewakili Direktur Prasarana Strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR mengatakan bahwa revitalisasi dimulai pada 2020.

Setelah pasar diserahterimakan kepada Pemerintah Kabupaten Trenggalek, berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan sistem pengelolaan pasar, pengaturan tata letak, serta menjaga kualitas dan kebersihan fasilitas pendukung seperti toilet, parkir, dan tempat istirahat.



”Bangunan Pasar Pon Trenggalek ini memang ikonik dan megah. Namun lebih dari tampilan luar yang menarik,bangunan gedung ibarat tubuh manusia dilengkapi dengan berbagai organ dan sistem agar sehat dan memberikan performa baik,” kata Anita, Jumat (27/10/2023).

Beberapa contohnya adalah instalasi yang berfungsi untuk menjaga sanitasi penggunanya, instalasi dan perlengkapan untuk pencegahan dan penanggulangan risiko kebakaran, jalur dan sistem sirkulasi di dalam dan di luar gedung, serta berbagai sistem lainnya.

Anita mengharapkan setelah revitalisasi, pasar jadi semakin ramai dengan pengunjung yang bahagia karena menemukan berbagai kebutuhan dengan mudah dan nyaman. Menjaga pasar yang sehat dan nyaman.

Hal itu merupakan peran instansi pengelola yang memiliki kemampuan dan pengetahuan baik dari sisi teknis maupun finansial. Dengan peningkatan kualitas pasar dan suasana lebih modern berharap pasar dapat menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan.



Hal ini tidak lepas dari komitmen Kementerian PUPR terkait pembangunan permukiman dan perkotaan di Indonesia yang sesuai dengan tema Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia (HHD-HKD) Tahun 2023.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)