Bus Listrik di Belantara Kota, Jalan Panjang PLN Dorong Transisi Energi Nusantara

Kamis, 29 Desember 2022 - 18:20 WIB
Menurut dia, cekungan Bandung meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang mesti memiliki angkutan umum yang terintegrasi. Hadirnya BRT diharapkan mengkoneksikan semua daerah tersebut. Saat ini, ada lima koridor yang telah dibuka dan akan terus ditambah.

Dia mengakui, Bandung raya bakal disergap kemacetan parah jika transportasi publik tak digalakkan sejak dini. Emil mendorong agar masyarakat bisa menggunakan transportasi publik seperti bus listrik.

Menurut dia, mayoritas penduduk di Bandung menggunakan transportasi pribadi. Data terbaru, penggunaan kendaraan pribadi mencapai sekitar 84 persen. "Kalau ini dibiarkan, dalam hitungan 20 sampai 30 tahun, ketika keluar rumah, semua kena macet," ungkap Emil.

Tak hanya itu, Bandung juga akan menghadapi tingginya polusi udara jika semua warganya menggunakan kendaraan pribadi. Saat ini, indeks polusi udara atau air quality index (AQI) di Kota Bandung pada angka sedang. Hadirnya bus listrik ini diharapkan bisa mengurangi polusi udara sebagaimana target net zero emission (NZE) 2060.



PLN Suplai Kebutuhan Energi


Hadirnya mobil listrik di Kota Bandung tak lepas dari peran PLN yang menyuplai energi listrik. Mereka hadir secara cepat melayani kebutuhan masyarakat melalui fasilitas SPKLU.

"PLN mendukung sepenuhnya pengoperasian delapan bus listrik di Bandung raya dengan menyediakan suplai listrik yang handal di SPKLU Terminal Leuwipanjang dan titik lainnya," jelas Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Jabar Dindin Mulyadin, Selasa (27/12/2022).

Ke depan, PLN juga siap memfasilitasi kebutuhan masyarakat dalam membangun stasiun pengisian baterai lainnya. Termasuk, apabila terdapat rute baru bus listrik, PLN akan hadir memberikan suplai listrik sesuai kebutuhan.

Sampai dengan Desember 2022, di kota Bandung tercatat telah tersedia 10 SPKLU. Sedangkan di Jawa Barat, lebih dari 109 SPKLU. Pada 2023, PLN UID Jabar akan menambah kembali jumlah lokasi SPKLU menjadi 208 titik.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More