Bus Listrik di Belantara Kota, Jalan Panjang PLN Dorong Transisi Energi Nusantara

Kamis, 29 Desember 2022 - 18:20 WIB
Salah satu upaya PLN mendukung penurunan emisi karbon adalah dengan menggalakkan program electrifying lifestyle. Program ini mengajak masyarakat beralih ke peralatan berbasis listrik seperti kompor induksi hingga kendaraan listrik. Hal ini penting mengingat kendaraan merupakan salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat.

"Beralihnya transportasi ke kendaraan listrik dapat mendukung terciptanya lingkungan yang lebih hijau," tambah Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Jabar Dindin Mulyadin.

Untuk mendukung perkembangan ekosistem kendaraan listrik, PLN terus membangun infrastruktur SPKLU. PLN juga akan menyediakan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Stasiun ini akan memudahkan pengguna kendaraan listrik seperti sepeda motor mendapatkan baterai secara cepat.

PLN juga memberikan kemudahan bagi konsumen yang menggunakan kendaraan listrik, antara lain melalui promo Super Everyday. Di mana konsumen yang melakukan pasang baru listrik dengan harga spesial untuk pemilik mobil listrik, diskon tarif listrik sebesar 30 persen pada pukul 22.00 hingga 05.00 pagi. Juga terdapat fitur pendukung ekosistem EV dengan teknologi Electric Vehicle Digital Services yang terintegrasi di aplikasi PLN Mobile.

Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti menambahkan, PLN mendukung penuh penggunaan kendaraan energi ramah lingkungan. Inisiatif ini merupakan upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menjaga keberlanjutan generasi yang akan datang.

"Bagaimana agar lingkungan kita tetap hijau? Salah satunya adalah melalui penggunaan kendaraan listrik. PLN akan terus mendorong kemajuan ekosistem kendaran listrik ini," katanya.

Reduksi Emisi Karbon

Tak hanya mendukung kendaraan listrik, PLN juga terus menggencarkan penggunaan energi ramah lingkungan pada sumber listriknya. Secara internal, PLN mendorong penggunaan energi ramah lingkungan dengan memanfaatkan pembangkit energi baru terbarukan (EBT).

Pada November 2022 lalu, PT PLN (Persero) mengumumkan telah mengurangi 32 juta metrik ton emisi karbon gas rumah kaca sepanjang 2022.

"Dengan bangga saya katakan, tahun ini kami sukses mereduksi 32 juta metric ton emisi C02, melampaui target NDC kita," jelas Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo dalam siaran persnya, pada agenda Decarbonizing Energy Sector for Net Zero Indonesia Pavillion di COP 27 di Mesir, Senin (7/11/2022).
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More