Kisah Arya Wiraraja Adipati Madura Penasihat Raden Wijaya, Ahli Strategi di Balik Kejayaan Majapahit

Minggu, 04 September 2022 - 07:28 WIB
Saat itu Arya Wiraraja menjadi tokoh muda yang pintar dengan strategi cemerlang sehingga jadi penasihat raja.

Tetapi perbedaan pendapat membuat Arya Wiraraja akhirnya disingkirkan Kertanegara ke Sumenep, Madura. Arya Wiraraja diusir secara halus dengan diangkat menjadi adipati di Madura Timur pada 1269 Masehi.

Dia yang masih bernama Banyak Wide kemudian mendapat gelar Arya Wiraraja atau pemimpin yang berani.



Dalam perjalanannya, kisruh perebutan kekuasaan di Kerajaan Singasari serta pemberontakan dari Bupati Gelang-gelang, Jayakatwang akhirnya membuat Raja Kertanegara tewas.

Kerajaan Singasari pun akhirnya tamat pada 1292 Masehi. Raden Wijaya yang merupakan menantu Raja Kertanegara kemudian dikejar-kejar Jayakatwang.

Raden Wijaya yang lari dari Singasari kemudian ditampung oleh Arya Wiraraja yang berkuasa di Sumenep, Madura. Hingga kemudian jalinan persabatan keduanya berlanjut saat mendirikan Kerajaan Majapahit.

Arya Wiraraja menampung dan melindungi sosok yang dikejar Jayakatwang karena dulu saat masih muda pernah mengabdi kepada kakek Raden Wijaya yang bernama Narasingamurti.



Dikutip dari buku "Arya Wiraraja dan Lamajang Tigang Juru: Menafsir Ulang Sejarah Majapahit Timur" karya Mansur Hidayat, Arya Wiraraja merupakan penasihat utama Wangsa Rajasa (keturunan Ken Arok-Ken Dedes) yang dipimpin oleh Raden Wijaya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More