Kisah Letjen KKO Hartono, Jenderal Loyalis Soekarno yang Mati Misterius di Orde Baru

Kamis, 09 Mei 2024 - 07:39 WIB
loading...
Kisah Letjen KKO Hartono, Jenderal Loyalis Soekarno yang Mati Misterius di Orde Baru
Letjen KKO (Purn) Hartono. Foto/Istimewa
A A A
Di balik tirai sejarah yang tebal, tersembunyi cerita misterius tentang seorang jenderal yang setia, namun hilang begitu saja dari ingatan bangsa. Namanya Jenderal KKO Hartono sosok jenderal yang setia kepada Presiden Soekarno, namun tak pernah diabadikan dalam buku-buku sejarah.

Hartono, seorang pria dengan dedikasi yang tak tergoyahkan pada kemerdekaan Indonesia, memainkan peran penting dalam masa-masa gemilang militer Indonesia. Namun, keberaniannya dalam melawan rezim Orde Baru yang semakin otoriter membawa padanya nasib yang tragis.

Setia pada Soekarno, Hartono tak ragu untuk menghadapi rezim yang mulai merangkul kekuasaan, menjadikan pengabdiannya pada Sang Proklamator sebagai pedoman utama dalam hidupna dalam karier militer di Indonesia.



Ketika tuduhan mengenai keterlibatan Soekarno dalam peristiwa Lubang Buaya menyeruak, Hartono, dengan tegar, menyatakan kesetiaannya pada Bung Karno, bahkan jika itu berarti melawan rezim yang baru berkuasa.

Kematian misterius Hartono, dengan tembakan misterius yang mengecoh di bagian kepalanya, meninggalkan tanda tanya besar. Meski dianggap sebagai bunuh diri, banyak kejanggalan yang mengitari kepergian jenderal yang berani ini.

Senjata dengan peredam yang ditemukan di dekatnya hanyalah satu dari banyak misteri yang mengitari kematian Hartono. Tak lama setelah kematian misterius itu, keluarganya, yang terpaksa meninggalkan negara setelah penugasan Hartono di Korea Utara, kembali ke Indonesia.

Namun, bayangan kesetiaan dan keberanian Hartono terus menghiasi pikiran banyak orang, meskipun namanya terkubur dalam lapisan-lapisan waktu yang gelap.



Sebagai saksi bisu masa lalu yang suram, nama Jenderal KKO tetap menjadi peringatan bagi banyak orang tentang bahaya kekuasaan yang absolut dan pentingnya mempertahankan kesetiaan pada prinsip-prinsip yang benar, bahkan dalam menghadapi badai kekuatan yang lebih besar.

Diasingkan Jadi Dubes Korut
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1569 seconds (0.1#10.140)