Di Tengah Pandemi, Berburu Rumah di Ruang Sepi

Kamis, 11 Juni 2020 - 10:14 WIB
Di tengah pandemi masih ada harapan. PPDPP sendiri mencatat, realisasi penyaluran FLPP kuartal I mencapai Rp1,052 triliun untuk 10.436 unit rumah. Sejak COVID-19 masih ke Indonesia, harapan realisasi masih terus berjalan.

Makanya, target penyaluran bantuan pembiayaan perumahan FLPP sebesar Rp11 triliun yang terdiri dari Rp9 triliun DIPA 2020 dan Rp2 triliun dari pengembalian pokok bisa terwujud. Pihaknya yakin target itu bisa direalisasikan karena kehadiran SIKasep sebagai lokomotifnya.

Baginya, di tengah pelaksanaan physical distancing untuk meredam penyebaran COVID-19, progres penyaluran itu menunjukkan bahwa proses bisnis penyaluran FLPP tetap berjalan.

Pada kuartal I tahun ini bank pelaksana juga masih agresif. Dalam menyalurkan FLPP, PPDPP bekerja sama dengan 37 bank pelaksana, yakni 10 bank nasional dan 27 BPD, baik konvensional maupun syariah.

PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) sendiri mencatat realisasi penyaluran dana KPR FLPP mencapai Rp2,909 triliun. SMF bersama BLU PPDPP telah menyaluran kepada 88.911 melalui 12 bank penyalur KPR FLPP. Secara kumulatif total akumulasi dana yang telah dialirkan SMF ke sektor pembiayaan perumahan dari 2005 sampai dengan 31 Desember 2019 mencapai Rp62,05 triliun

Direktur utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan, ada dampak positif ketika banyak MBR yang memperoleh fasilitas KPR FLPP. "Ada penyerapan tenaga kerja dari pembangunan rumah yang berujung pada terciptanya multiplier effect," jelasnya.
(eyt)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More