Geng Jalanan Banten Ditangkap, Polisi Sita Pedang dan Celurit

Senin, 20 Desember 2021 - 14:41 WIB
Kemudian dalam penggeledahan, penyidik juga menemukan 3 bilah pedang panjang, 1 bilah golok sisir, 4 bilah celurit besar, 5 unit hp, dan 3 unit motor. Senjata tajam tersebut adalah milik SI (17), RAA (16), FH (16), dan BAW (15).

Kata Shinto, ketujuh member tersebut dilakukan penahanan dengan ketentuan sistem peradialan pidana anak yaitu 8 hari penahanan pertama diperpanjang 7 hari penahanan berikutnya.

“Setelah menemukan kita melakukan penyitaan terhadap senjata-senjata tajam itu. Terhadap 7 member dari All Star dilakukan penetapan tersangka dan berlaku penahanan dengan ketentuan sistem peradilan pidana anak,” kata Shinto.

Di titik kedua, polisi berhasil mengamankan 4 orang yang berada di pondok angkringan yang terletak di Cisoka. Keempatnya berasal dari geng Bikini Bottom yakni ketua kelompok AKW (21), admin media sosial Bikini Bottom AM (19), BW (17) dan AG (20).

“Ini juga sama berandalan jalanan yang ketika itu sedang nongkrong kemudian terpancing untuk ngikut dalam kegiatan di media sosial. Kita amankan keempatnya sehingga tidak terjadi aksi diantara berandalan-berandalan jalanan ini,” ucap Shinto.

Di titik ketiga, polisi kembali berhasil mengamankan 18 orang dari kelompok Reuni Akbar di sebuah komplek perumahan yang masih berada di Cisoka.

“Dari sini terungkap bahwa EP alias Bogel (22) meminta AKW (21) untuk mengumpulkan massa dan akan melakukan gerakan. Sehingga AKW menghubungi kelompoknya untuk melakukan aksi,” jelas Shinto.

Dari pengamanan tersebut, penyidik meminta keterangan saksi dari 18 orang tersebut. Sementara untuk 2 orang lainnya yang menginisiasi untuk mengumpulkan massa telah ditetapkan sebagai tersangka sesuai Pasal 55 KUHP.

“Polda Banten tegas untuk melakukan penegakan hukum bahkan tidak memberikan ruang untuk penangguhan penahanan sehingga mereka tidak bisa melukai atau bahkan mengancam jiwa orang lain,” kata Shinto.

Kasubdit Jatanras Polda Banten Kompol M Akbar Baskoro mengatakan para pemuda tersebut sebelumnya sudah pernah melakukan aksi tawuran dan dalam aksinya mereka meniru salah seorang di internet yang sering melakukan aksi tawuran.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More