8 Lagu Daerah Populer, dari Masa ke Masa Tetap Enak Didengar

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 09:06 WIB
3. Ayam Den Lapeh (Sumatera Barat)

Ayam Den Lapeh adalah sebuah lagu daerah asal Sumatera Barat, dan diciptakan oleh Nurseha. Banyak pihak menilai, jika lagu daerah yang satu ini cukup unik. Sebab, memiliki musik yang cukup riang padahal mengandung arti yang menyedihkan.

Lagu ini memberikan pesan kepada para pendengarnya untuk selalu menerima sebuah kehilangan dengan tabah dan lapang dada.

4. Bungong Jeumpa (Aceh)

Lagu Bungong Jeumpa kembali dikenal karena dinyanyikan oleh para penari dalam upacara pembukaan Asian Games 2018 di Stadion GBK, Jakarta. Bungong Jeumpa berarti bunga cempaka yang memang dicintai masyarakat Aceh.

Melansir informasi seri budaya Kemendikbud, Bungong Jeumpa sendiri dahulu sangat subur tumbuh di tanah Serambi Mekah. Namun, kini keberadaannya justru sukar ditemui. Sementara itu, jika menilik penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Samudra Bahasa tahun 2018, lagu Bungong Jeumpa juga mengisahkan tentang cantiknya gadis Aceh dengan budi pekertinya yang amat baik.

Oleh karena itu, dalam salah satu liriknya dikatakan ‘Bungong Jempa Bungong Jeumpa, Meugah di Aceh’. Kata ‘Meugah’ di sini digunakan sebagai kalimat yang meninggikan posisi gadis asal Aceh.

5. Jali-Jali (DKI Jakarta)

Selanjutnya, ada lagu daerah asal ibukota Jakarta, Jali-Jali. Lagu ini sudah pasti sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. Tidak diketahui pasti siapa pencipta asli lagu ini, dan kapan lagu ini diciptakan. Namun, lagu Jali-Jali sudah populer sejak masa kolonial Belanda.

Jali-Jali dipopulerkan oleh seorang pimpinan orkes keroncong, M Sagi sekitar tahun 1942. Lagu daerah ini berisi pantun yang dirangkai dan dipadukan dengan menggunakan musik. Isinya, menghibur seseorang yang sedang berada dalam kondisi sedih.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content