8 Lagu Daerah Populer, dari Masa ke Masa Tetap Enak Didengar

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 09:06 WIB
Indonesia sangat kaya sumberdaya alam, budaya, kesenian dan lagu-lagu daerah yang ramah di telinga dan populer hingga saat ini. Foto rumah gadang di Sumatera Barat dan honai di Papua. Foto/Dok.SINDOnews/iNews.id
JAKARTA - Indonesia sangat terkenal sebagai negara yang kaya. Kaya akan sumber daya alam, kesenian dan lagu-lagu daerah yang ramah di telinga dan populer hingga saat ini.

Kepopuleran lagu daerah tersebut bertahan dari masa ke masa. Berikut daftar 8 lagu daerah populer yang berhasil dirangkum tim Litbang MNC Portal Indonesia (MPI).

1. Ampar-Ampar Pisang (Kalimantan Selatan)

Ampar-Ampar Pisang adalah lagu daerah asal Kalimantan Selatan yang menggunakan bahasa Banjar dalam liriknya. Lagu ini diciptakan oleh Hamiedan AC, seorang pencipta lagu asal Kalimantan kelahiran 26 September 1940.

Baca juga: 5 Lagu Ini Paling Sering Dikumandangkan dalam Tiap Peringatan Kemerdekaan RI

Lagu tersebut menceritakan proses pisang diolah menjadi makanan khas, dengan cara dijemur atau diamparkan. Biasanya, Ampar-Ampar Pisang dilantunkan anak-anak saat melakukan sebuah permainan. Liriknya yang sederhana membuat anak-anak dengan mudah menghafal dan mencerna lagu ini.

2. Apuse (Papua)

Lagu daerah populer selanjutnya yang sangat familiar didengar masyarakat adalah Apuse, asal Biak, Papua. Corry Rumiono, adalah seorang penyanyi yang pertama kali mempopulerkan lagu daerah tersebut.

Baca juga: 15 Lagu Indonesia Jadul yang Viral Lagi Gara-Gara TikTok

Apuse bercerita tentang seorang cucu yang berpamitan dengan kakek dan neneknya. Si cucu ingin pergi ke teluk Doreri di wilayah Manokwari.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content