8 Lagu Daerah Populer, dari Masa ke Masa Tetap Enak Didengar

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 09:06 WIB
6. Manuk Dadali (Jawa Barat)

Lagu Manuk Dadali merupakan lagu daerah berbahasa Sunda yang berasal dari Jawa Barat, dan diciptakan oleh Sambas Mangundikarta. Manuk Dadali sendiri berarti Burung Garuda.

Dalam artikel berjudul ‘An Analysis of Moral Values Found in Traditional Song: Manuk Dadali’ yang dipublikasi dalam Seminar Nasional Pendidikan tahun 2019 menyebut, jika lagu ini mengimplementasikan bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa besar, pemberani dan dihormati oleh negara-negara lain. Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat Indonesia juga dikenal hidup saling menyayangi dan rukun.

7. Gundul Pacul (Jawa Tengah)

Gundul Pacul, merupakan lagu anak-anak tradisional asal Jawa Tengah dan DIY. Mengutip informasi yang ada dalam laman resmi Badan Kepegawaian Derah (BKD) DI Yogyakarta, lagu Gundul Pacul merupakan warisan Sunan Kalijaga dan diciptakan sekitar tahun 1400.

Meskipun merupakan lagu anak-anak, namun Gundul Pacul memiliki makna yang sangat dalam.

Dalam situs BKD DIY disebutkan bahwa makna dari lagu ini adalah meskipun seseorang sudah memiliki jabatan atau berposisi sebagai pemimpin, namun ia tidak boleh lupa untuk mengupayakan kesejahteraan rakyatnya.

8. Rek Ayo Rek (Jawa Timur)

Lagu tradisional selanjutnya adalah Rek Ayo Rek asal Jawa Timur ciptaan Is Haryanto. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang mengajak sahabat-sahabatnya untuk mengelilingi kota Surabaya. Maka dari itu, lagu tersebut terkenal dengan lagu persahabatan.

*diolah dari berbagai sumber
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content