Pasien COVID-19 Terus Berjatuhan, Ridwan Kamil Siapkan Skenario Cegah RS Kolaps

Senin, 14 Juni 2021 - 22:20 WIB
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengaku telah menyiapkan skenario untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 di Jabar. Foto/Ilustrasi
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah menyiapkan skenario mencegah rumah sakit (RS) rujukan dan fasilitas layanan kesehatan lainnya di Jabar kolaps menyusul terus bertambahnya pasien COVID-19 di

Provinsi Jabar.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengaku, perbandingan tingkat kapasitas tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR) RS rujukan COVID-19 di Jabar sudah cukup mengkhawatirkan.



“Kita (awalnya) di 29%, sekarang (naik ke 65%, beberapa daerah bahkan sudah mendekati 100%," ungkap Kang Emil di rumah dinasnya, Gedung Negara Pakuan, Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung, Senin (14/6/2021).



Di tengah situasi darurat tersebut, lanjut Kang Emil, pihaknya akan berupaya menambah kapasitas tempat tidur untuk pasien COVID-19 di setiap RS dari yang awalnya hanya 20% menjadi 30%, bahkan 40%."Nah harapannya jangan sampai kita kolaps," imbuh Kang Emil.



Jika upaya tersebut mentok, pihaknya sudah menyiapkan skenario lainnya, yakni mengaktifkan kembali gedung-gedung non-RS untuk menampung pasien COVID-19.

“Hotel dihidupkan lagi, gedung-gedung non-rumah sakit dihidupkan lagi. Kalau masih di rumah sakit, artinya kapasitas itu masih ada jadi jangan terlalu khawatir, tapi tetap waspada," tegas Kang Emil.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More