MUI Sulsel Pertimbangkan Salat Idul Fitri Berjamaah di Masjid

Jum'at, 15 Mei 2020 - 06:10 WIB
Dari hasil rekomendasi Gugus Tugas Covid-19 dalam pertemuan itu nantinya, MUI Sulsel kemudian akan menerbitkan imbauan yang tetap merujuk pada fatwa MUI pusat dan mempertimbangkan hasil rapat bersama ormas Islam lainnya.

"Dari situ, insya Allah besok malam (hari ini) kami akan rapat lagi dengan pengurus harian komisi fatwa dan ketua-ketua MUI kabupateb/kota. Setelah itu nanti akan keluar imbauan MUI Sulsel sebagai tindak lanjut dr fatwa MUI nomor 28 tahun 2020. Insya Allah, lusa sudah bisa diketahui hasilnya," jelas Galib.

Selain itu, dia menegaskan sesuai imbauan MUI Sulsel sebelumnya belum dibolehkannya salat berjamaah di masjid masih berlaku. Dia berharap, masyarakat tetap beribadah di rumah sampai pemerintah memastikan kondisi aman terkendali.

Baca : Update Covid-19 di Sulsel: 840 Positif, 293 Sembuh dan 51 Meninggal

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel, Anwar Abu Bakar menambahkan, kebijakan pelaksanaan ibadah salat Idul Fitri baru akan dibicarakan. Fatwa MUI pusat, akan disesuaikan dengan kondisi Covid-19 khusus di wilayah Sulsel.

"Belum ada kebijakan dan rekomendasinya. Baru mau rapat besok di kantor gubernur dengan tim Gugus Covid Sulsel," sebut Anwar. Dari hasil rapat itulah, lanjut dia, baru pemerintah bisa memberikan rekomendasi kepada warga Sulsel terkait pelaksanaan ibadah di hari raya.

Sementara kasus Covid-19 di Sulsel masih bertambah. Angka kasusnya pun kembali menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Data yang dihimpun dari Gugus Covid-19 Sulsel per tanggal Rabu 13 Mei 2020, pasien positif bahkan bertambah sampai 55 orang.

Dimana total 55 pasien itu diantaranya tersebar di Kota Makassar 24 orang. Lalu Luwu Timur 10, Luwu 11 orang, Parepare 5, Gowa 2, Barru 1, Maros 1, dan Jeneponto 1 orang. Lalu angka pasien sembuh hanya bertambah sebanyak 6 pasien.

Selanjutnya data per tanggal 14 Mei 2020, angka kasus positif Covid-19 kembali bertambah 36 orang. Kota Makassar kembali menjadi salah satu wilayah yang menyumbang angka penambahan kasus terbanyak sebesar 31 orang, kemudian Gowa 2, Barru 1, Bone 1, dan Palopo 1 orang.

Sementara pasien yang sembuh bertambah 4 orang. Dengan demikian total angka kesembuhan pasien positif Covid-19 di Sulsel hingga saat ini mencapai total 293 orang atau dengan persentasi kesembuhan sebesar 35%.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content