Jemaah Tarekat Syattariyah Hari Ini Gelar Salat Idulfitri di Nagan Raya Aceh

Senin, 08 April 2024 - 14:10 WIB
loading...
Jemaah Tarekat Syattariyah Hari Ini Gelar Salat Idulfitri di Nagan Raya Aceh
Ratusan umat Muslim pengikut Tarekat Syattariyah di Kabupaten Nagan Raya, Aceh melaksanakan salat Idulfitri 1445 Hijriah pada pagi Senin (8/4/2024). Foto/iNews TV/Afsah
A A A
NAGAN RAYA - Ratusan umat muslim pengikut Tarekat Syattariyah di Kabupaten Nagan Raya, Aceh melaksanakan salat Idulfitri 1445 Hijriah pada pagi Senin (8/4/2024).

Penetapan 1 Syawal ini didasarkan pada hitungan hisab atau bilangan lima yang dilakukan oleh sejumlah ulama pengikut Habib Muda Seunagan.



Jemaah Tarekat Syattariyah yang dipimpin oleh Habib Muda Seunagan mengumandangkan takbir menyambut hari raya Idul Fitri di Masjid Desa Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya, Aceh.

Penetapan 1 Syawal ini, berdasarkan hisab atau bilangan lima yang dilakukan oleh sejumlah ulama pengikut Habib Muda Seunagan yang berpusat di Desa Peuleukung, Nagan Raya, Aceh.

Pantauan di lapangan, selain di Nagan Raya, pengikut Tarekat Syattariyah ini juga melaksanakan salat Idulfitri di sejumlah kabupaten di Aceh, seperti di Kabupaten Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Gayo Lues, Aceh Tengah, dan Aceh Tenggara.



Tarekat Syattariyah ini sebelumnya diperkenalkan oleh Abu Habib Muda Seunagan dan diikuti ribuan orang di Kabupaten Nagan Raya. Tarekat Syattariyah tersebut telah diikuti sejak 200 tahun silam.

Teuku Raja Keumangan, cucu Habib Muda Seunagan, yang juga menjadi khatib, menyampaikan pesan kepada para jamaah.

Meski penetapan lebaran lebih awal dua hari dari jadwal yang ditentukan oleh pemerintah, para jamaah diimbau untuk saling menghormati umat muslim lainnya yang masih menjalankan ibadah puasa.

Setelah salat Idulfitri, para jamaah juga bersama-sama memanjatkan doa di halaman masjid.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2570 seconds (0.1#10.140)