Momen Unik, Tradisi Warga Palembang Salat Idul Fitri Naik Perahu Ketek

Selasa, 25 April 2023 - 08:36 WIB
loading...
Momen Unik, Tradisi Warga Palembang Salat Idul Fitri Naik Perahu Ketek
Tradisi masyakat Ulu, Palembang menunaikan salat Idul Fitri (salat Id) di Masjid Agung Palembang menggunakan moda transportasi sungai, yakni perahu ketek.
A A A
PALEMBANG - Kawasan Ulu dan Ilir di Kota Palembang, Sumatera Selatan dipisahkan oleh Sungai Musi yang membentang luas. Kondisi ini menjadi momen serta tradisi bagi masyakat Ulu untuk menunaikan salat Idul Fitri (salat Id) di Masjid Agung Palembang menggunakan moda transportasi sungai, yakni perahu ketek.

Momen unik dan langka ini terlihat di tepian Sungai Musi. Masyarakat Ulu Kota Palembang berbondong bondong menggunakan perahu ketek menyeberangi Sungai Musi untuk menunaikan ibadah salat Id.


Mereka pergi menuju masjid tertua di Kota Palembang yakni Masjid Agung Jayo Wikromo.

"Momentum ini merupakan ciri khas yang sekaligus menjadi mata pencaharian warga tepian Sungai Musi," kata Sudirman, salah seorang jemaah salat Id yang berangkat menaiki perahu ketek, Sabtu (22/4/2023).

Para pengemudi perahu ketek mendapatkan limpahan rejeki sebagai imbas meningkatnya omzet menyeberangkan warga.

Mereka pun banjir penumpang yang berkali kali lipat.

"Tarif angkutan yang diberlakukan biasanya Rp5000 per orang atau kumulatif Rp30.000 dalam satu perahu," kata pengemudi perahu ketek, Toni.


Tak hanya digunakan sebagai moda transportasi dalam pengangkutan jemaah salat Id, Sungai Musi pun di gunakan masyarakat untuk mengambil wudhu.

Jemaah wudhu di Sungai Musi sebagai antisipasi ramainya warga yang antri wudhu di Masjid Agung Jayo Wikramo.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)