Bupati Apresiasi Anggota DPRD Kabupaten Luwu

Minggu, 18 Oktober 2020 - 21:19 WIB
Basmin menyampaikan, dengan sisa waktu yang ada, ia akan berupaya semaksimal mungkin untuk melaksanakan seluruh program dan kegiatan tahun anggaran 2020 yang telah ditetapkan. Sehingga roda pembangunan dapat berjalan sesuai dengan harapan masyarakat dan dapat memulihkan kondisi sosial ekonomi Kabupaten Luwu yang masih menghadapi pandemi COVID-19 .

"Setelah ditetapkan menjadi peraturan daerah, saya meminta kepada semua kepala OPD sebagai pengguna anggaran agar melakukan langkah-langkah percepatan melalui dokumen pelaksanaan anggaran masing-masing sehingga dapat dilaksanakan dengan baik, cepat dan tepat serta tujuan harus efektif," ujar Basmin.

Untuk diketahui, refocusing anggaran tahun 2020 pengaruhi target pendapatan pada APBD perubahan 2020 Kabupaten Luwu. Pendapatan daerah kabupaten Luwu pada RAPBD 2020 dianggarkan sebesar Rp1,4 triliun lebih mengalami penurunan sebesar Rp63,3 miliar lebih dibanding APBD pokok sebesar Rp1,5 triliun lebih dari tiga sumber, yaitu pendapatan asli daerah, dana perimbangan dan lain-lain pendapatan daerah yang sah.

PAD direncanakan sebesar Rp112,6 miliar mengalami penurunan sebesar Rp2,8 miliar atau 2,4% dari APBD pokok tahun anggaran 2020 sebesar Rp115,4 miliar.

Sementara dana perimbangan yang direncanakan sebesar Rp949,5 miliar mengalami penurunan dibandingkan dengan target pada APBD pokok tahun anggaran 2020 sebesar Rp1 triliun.

Pendapatan daerah yang bersumber dari pendapatan daerah lain-lain yang sah direncanakan sebesar Rp390 miliar mengalami peningkatan sebesar Rp49,3 miliar atau 14,5% dibandingkan dengan target pada APBD pokok tahun anggaran 2020 sebesar Rp340,7 miliar.



"Peningkatan pendapatan tersebut berasal dari hibah pemerintah pusat untuk rehabilitasi dan rekontruksi pasca bencana berdasarkan naskah perjanjian hibah antara pemerintah pusat dan pemerintah Kabupaten Luwu .

Di samping itu pada tahun 2020 kita juga mendapatkan hibah dari pemerintah provinsi berupa bantuan pembangunan infrastruktur dan program stunting," kata Basmin.

Belanja tidak langsung sebesar Rp812 miliar mengalami penurunan sebesar Rp6,3 miliar atau 0,7% dibandingkan dengan alokasi pada APBD pokok sebesar Rp818,3 miliar.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More