3 Fakta Menarik dari Kisah SBY Selamatkan Pemimpin Musuh yang Tertembak di Timor Timur

Senin, 28 Oktober 2024 - 15:22 WIB
Setelah diperiksa, Adolfo menemukan kartu identitas dengan nama Julio Sarmento. Ia pun melaporkan temuan itu kepada SBY.

Tak lama, SBY mendatangi lokasi pertempuran dan membawa seorang dokter untuk mengobati luka Sarmento. Di sana, ia memerintahkan prajuritnya untuk membawa Sarmento ke tempat yang lebih tinggi.

Sempat ditolak, SBY memberi instruksi dengan nada tinggi. “Jangan bunuh, angkat ke atas. Ini perintah saya, angkat ke atas!” perintah SBY.

Pada akhirnya, Sarmento mendapatkan pertolongan sampai diterbangkan ke Jakarta dan dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

3. Tawanan yang Diselamatkan Ternyata Bukan Sosok Sembarangan



Terlepas dari keputusannya yang mungkin dianggap kurang lazim, SBY menerima apresiasi. Aksi penyelamatan itu bahkan sampai ke telinga sejumlah pejabat tinggi TNI, termasuk Asisten Operasi (Asops) Kepala Staf Umum (Kasum) Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI), Mayjen TNI Edi Sudrajat.

Menariknya, perintah SBY untuk menyelamatkan nyawa tawanan adalah yang pertama kali di satuan Yonif 744/SYB. Hal ini disampaikan oleh Letkol Inf Zacky Anwar Makarim yang ikut serta dalam rombongan Edi Sudrajat ke Yonif 744/SYB.

“Jenderal, ini pertama kali ada tawanan 744 yang hidup. Kita mengucapkan selamat kepada komandan batalyon memulai tradisi baik seperti ini,” ucap Zacky kepada Edi.

Selain itu, gerilyawan yang diselamatkan tersebut ternyata berstatus salah satu pucuk pimpinan kelompok Falintil. Darinya, Mabes TNI akhirnya memperoleh banyak informasi berharga yang berguna dalam lanjutan operasi di Timor Timur.

Demikianlah ulasan mengenai sejumlah fakta menarik dari kisah SBY selamatkan pemimpin musuh yang tertembak di Timor Timur.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content