Bandara Toraja Siap Beroperasi Akhir Bulan Ini : Penerbangan 4 Kali Seminggu, Hanya 45 Menit

Selasa, 25 Agustus 2020 - 06:00 WIB
Tidak hanya meresmikan bandara, Presiden Jokowi juga akan menginap di Toraja. "Toraja Airport akan diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowi. Beliau juga berjanji akan menginap di Toraja," imbuh Nurdin. Hanya saja untuk jadwal peresmiannya oleh presiden masih dibicarakan lebih lanjut. Sampai bandara tersebut resmi difungsionalkan, pembenahan masih perlu dilakukan.

Untuk itu, Nurdin turut menyerahkan bantuan anggaran sebesar Rp32 miliar untuk kelanjutan pembangunan jalan akses masuk ke bandara. Disamping itu, pemerintah setempat membenahi akses ke lokasi wisata. "Kita berharap, nantinya ada penerbangan setiap hari di Toraja Airport," harap dia.

Jika tidak ada aral melintang, penerbangan rute Makassar-Toraja akan dimulai 28 Agustus 2020. Maskapai Wings Air merencanakan melayani empat kali penerbangan dalam seminggu. "Penerbangan itu dari Makassar ke Toraja empat kali seminggu dengan pesawat ATR-72," pungkas Nurdin.

Diketahui, Pesawat Kalibrasi Hawker 900 XP milik Kementerian Perhubungan telah melakukan uji coba runway atau landasan pacu, pada Rabu (12/08/2020) lalu. Menyusul kemudian, Maskapai Wings Air telah menguji coba rute penerbangan rute Makassar-Tana Toraja. Baca Lagi : Respons Nurdin Abdullah Jadi Salah Satu Gubernur Terbaik Tangani COVID-19

Pesawat ATR 72-600 yang terbang dari Bandara Sultan Hasanuddin mendarat dengan selamat tiba di Bandara Buntu Kunik untuk pertama kalinya, Kamis (20/08/2020) lalu. Dalam waktu dekat, maskapai ini kembali melayani penerbangan reguler penumpang pulang-pergi untuk rute Makassar-Toraja akhir Agustus ini.

Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae yang menyambut kedatangan Gubernur Nurdin Abdullah di Toraja Airport mengatakan pemerintah dan masyarakat Toraja bangga dengan hadirnya Toraja Airport. Dia meyakini, Bandara Udara Buntu Kunik dapat memajukan pariwisata Toraja.
(sri)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More