Kisah Dara Petak, Istri Pendiri Majapahit Satu-satunya yang Berasal dari Luar Jawa

Selasa, 30 Juli 2024 - 17:09 WIB
Sebagai raja, Raden Wijaya kala itu bisa memiliki lebih dari satu istri memang diperkenankan. Tetapi biasanya perkawinan semacam itu hanya dilakukan untuk alasan-alasan yang berhubungan dengan kedinastian saja.

Dalam hal Raden Wijaya yang sedang mendirikan sebuah dinasti baru di masa krisis, amatlah penting baginya untuk mengukuhkan integritasnya dengan mempererat jalinannya dengan keluarga ternama dari raja terdahulu, Kertanagara.

Dibandingkan dengan keluarga Raden Wijaya, dalam silsilah keluarga ini ada lebih banyak darah ningrat dari raja-raja masa lalu.

Raden Wijaya pun telah menikah dengan putri sulung Kertanagara bernama Tribhuwana. Bahkan ia berambisi sedang menimbang-nimbang untuk menikahi putri Kertanagara lainnya demi mempertegas benang merah di antara kedua dinasti.

Kisah cinta keduanya tak berjalan mulus. Sejumlah warga keraton menganggap Dara Petak tak pantas bersanding dengan Raden Wijaya.

Apalagi tersebarlah desas-desus bahwa perilaku Dara Petak jauh dari seorang putri yang rendah hati dan anggun. Tersiar pula sejumlah kabar burung bahwa ia sempat main gila dengan salah seorang perwira pengawalnya selama perjalanan panjang dari Sumatera.

Akhirnya, Raden Wijaya memutuskan untuk memingit Dara Petak dan kemudian dinikahi.

Beberapa waktu kemudian Gayatri , putri bungsu Kertanegara yang juga menjadi istri Raden Wijaya cemburu mengetahui telah menikahi Dara Petak.

Meski tak menasbihkan Dara Petak sebagai ratu atau permaisuri, namun kemudian menjadi ibu dari putra semata wayang Raden Wijaya.
(shf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content