7 Fakta Menarik Mantan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra: Dari Isu Korupsi hingga Klarifikasi Kasus Vina

Selasa, 28 Mei 2024 - 16:06 WIB


Sunjaya diduga menerima uang suap terkait dengan mutasi jabatan di lingkungan Pemkab Cirebon. KPK menemukan bukti uang sebesar Rp385.965.000 dari berbagai sumber serta bukti transaksi perbankan senilai Rp6,425 miliar.

Kasus ini menjadi salah satu sorotan terbesar dalam kariernya dan berdampak signifikan terhadap reputasinya.

4. Pemecatan dari Partai dan Jabatan



Setelah terjaring OTT, Sunjaya langsung dipecat dari keanggotaan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada 25 Oktober 2018. Ketua DPD PDIP Jawa Barat TB Hasanuddin menyatakan bahwa partai tidak akan memberikan bantuan hukum kepada Sunjaya dan mendukung proses hukum yang berjalan.

Selanjutnya, Sunjaya dinonaktifkan dari jabatannya sebagai Bupati Cirebon dan Sekda Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno, ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Cirebon.

5. Dinonaktifkan sebagai Bupati Cirebon



Sunjaya dinonaktifkan dari jabatannya sebagai Bupati Cirebon pada 26 Oktober 2018. Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Cirebon. Sunjaya sebenarnya telah terpilih kembali dalam Pilkada 2018, namun belum sempat dilantik.

6. Klarifikasi Anak Sunjaya Tak Terkait Kasus Vina Cirebon

Ramadhani Purwadi Sastra, anak Sunjaya baru-baru ini menjadi sorotan karena dituding terlibat dalam kasus pembunuhan Vina Dewi Arsita dan Muhammad Risky Rudiana pada 2016. Ramadhani menyangkal tudingan tersebut dengan menyatakan bahwa pada saat kejadian, ia masih berusia 11 tahun dan duduk di bangku kelas 5 SD. Nama yang mirip dengan salah satu pelaku menyebabkan kesalahpahaman ini.

7. Pelantikan Bupati hanya 15 Menit

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content