Simak Ramalan BI Soal Ekonomi Jawa Timur di 2023

Selasa, 24 Januari 2023 - 08:45 WIB
Sehingga berpotensi mengurangi belanja pemerintah daerah, termasuk Pemprov Jatim pada tahun 2023. "Hal tersebut diperkirakan menahan laju pertumbuhan konsumsi Pemprov Jatim pada tahun 2023 dan berdampak pada moderasi pertumbuhan ekonomi," katanya.

Meski begitu, berlanjutnya tren perbaikan konsumsi rumah tangga dan investasi diperkirakan mendorong pertumbuhan ekonomi Jatim pada tahun 2023. Tren penurunan kasus Covid-19 di tingkat global, nasional dan Jatim mendorong pelonggaran kebijakan pembatasan aktivitas ekonomi.

"Hal ini diperkirakan berimplikasi pada semakin luasnya pembukaan sektor produktif yang mendorong peningkatan mobilitas dan pendapatan masyarakat yang berdampak pada kenaikan konsumsi rumah tangga," ujarnya.

Dia menjelaskan, proyek-proyek swasta dan kerjasama swasta–nasional, terutama pembangunan smelter oleh PT Freeport Indonesia di Kabupaten Gresik dan pembangunan kilang minyak Tuban oleh PT Pertamina – Rosneft diprakirakan semakin mendorong perbaikan investasi di Jawa Timur pada tahun 2023.

Momen persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif, Pemilihan Presiden (Pilpres), dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak diprakirakan mendukung pertumbuhan positif konsumsi Lembaga Non-Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT) Jatim pada tahun 2023.

"Kegiatan kampanye di berbagai daerah serta berbagai rapat koordinasi di kantor dan luar kantor diperkirakan mendukung pertumbuhan positif kinerja konsumsi LNPRT," tandas Budi
(msd)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More