Kolaborasi BI Sumatera Utara dan Sarinah, Dorong Potensi UMKM dan Beri Peluang Baru

Selasa, 27 Februari 2024 - 07:29 WIB
loading...
Kolaborasi BI Sumatera Utara dan Sarinah, Dorong Potensi UMKM dan Beri Peluang Baru
Perwakilan BI (Bank Indonesia) provinsi Sumatera Utara, Peserta UMKM, Perwakilan Sarinah. Foto/Ist
A A A
MEDAN - Sinergi antara Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara dan PT Sarinah menciptakan momentum baru bagi UMKM di wilayah tersebut melalui acara Business Matching yang menghadirkan 6 UMKM terpilih ke Sarinah. Tujuan utama dari kolaborasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas produk UMKM serta memberikan kesempatan lebih luas bagi UMKM untuk memasarkan produk-produk unggulan mereka.

Menurut Deputi Direktur Kantor Perwakilan BI Sumatera Utara, Indra Kupriyadi, kerjasama dengan Sarinah sebagai narasumber business matching merupakan langkah yang strategis. "Kami berharap melalui kerjasama ini, UMKM binaan kami dapat menjalin kolaborasi yang bermanfaat dengan Sarinah, membawa produk-produk berkualitas dari Sumatera Utara lebih dikenal secara luas," ungkapnya.

Keenam UMKM yang terlibat dalam acara ini masing-masing memiliki keunggulan dan ciri khas budaya yang membanggakan bagi Sumatera Utara, kata Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumatera Utara, Yura Djalins. "Kami berharap dengan business matching ini, UMKM dapat menghadirkan produk unggulan mereka dan dapat lebih dikenal melalui Sarinah Store," tambahnya.

Tak hanya memberikan manfaat bagi UMKM, acara Business Matching ini juga membuka peluang bagi Sarinah untuk mendapatkan produk-produk unggulan dari berbagai daerah, termasuk Sumatera Utara. Haslinda Triekasari, Corporate Secretary PT Sarinah, menjelaskan bahwa Sarinah sebagai rumah bagi UMKM memiliki program Sarinah Pandu yang bertujuan untuk membantu UMKM naik kelas. "Melalui program ini, UMKM akan siap bersaing di pasar nasional dan global," katanya.



Sementara itu, dalam sesi kurasi, keenam UMKM yang terlibat diberikan masukan terkait pengembangan bisnis mereka, mencerminkan komitmen Sarinah dalam memberikan dukungan aktif bagi pertumbuhan UMKM. "Setiap batchnya, akan dipilih lima UMKM sebagai champion, dan karya mereka akan dijual di Sarinah. Hal ini membuka peluang baru bagi UMKM untuk mendapatkan eksposur yang lebih luas," ungkap Haslinda.

Kolaborasi ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat bagi UMKM Sumatera Utara, tetapi juga meningkatkan daya saing produk lokal di pasar nasional dan internasional. Dengan dukungan dari BI dan Sarinah, UMKM di Sumatera Utara semakin berpotensi untuk bersaing dan berkembang.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)