Kelud erupsi, gemuruh terdengar dari radius 15 km

Jum'at, 14 Februari 2014 - 00:05 WIB
Kelud erupsi, gemuruh terdengar dari radius 15 km
Kelud erupsi, gemuruh terdengar dari radius 15 km
A A A
Sindonews.com - Pada malam ini Gunung Kelud membuktikan apa yang sudah diperkitakan selama ini. Gunung Kelud saat ini sudah benar-benar erupsi.

Salah seorang Mahardika (29), Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Daerah (Pemda) Kediri mengatakan, suara gemuruh terdengar dari kawasan Kelud.

"Suara gemuruh terdengar dari jarak 15 km (kilometer) selatan kelud, di desa telung rejo, Pare, Kediri, Jatim (Jawa Timur). Tapi warna lahar merah tak terlihat," kata Mahardika, saat dihubungi Sindonews, Kamis (14/2/2014), malam.

eperti diketahui, sebelum berstatus awas, Gunung Kelud telah mengalami tremor selama enam jam berturut-turut. Sementara, seiring status awas, aktivitas di Posko Utama, di Komplek Pendopo, Kabupaten Blitar, langsung meningkat.

Sejumlah petugas langsung melakukan persiapan untuk evakuasi. Sesuai protap, level awas harus diikuti pengungsian warga yang terdampak langsung.

Radio PT Persada milik Pemkab Blitar juga menyiarkan secara langsung ke masyarakat. Pemkab mengimbau warga masyarakat untuk tidak panik.

Seperti diketahui, ada 4 kecamatan dengan 70 ribu jiwa yang terdampak langsung erupsi Kelud. Empat kecamatan dengan 13 desa tersebut yakni, Kecamatan Nglegok, Gandusari, Garum, dan Ponggok.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8136 seconds (0.1#10.140)