4 Legenda Gunung Berapi di Tanah Jawa, dari Merapi hingga Kelud

Jum'at, 17 Maret 2023 - 17:40 WIB
loading...
4 Legenda Gunung Berapi di Tanah Jawa, dari Merapi hingga Kelud
Empat gunung berapi yang terletak di tanah Jawa memiliki legenda dan mitosnya tersendiri. Legenda ini kerap berkaitan dengan kisah mistis yang dipercaya pernah terjadi di lokasi sekitar gunung. Foto/Antara/Hendra Nurdiyansyah
A A A
Empat gunung berapi yang terletak di tanah Jawa memiliki legenda dan mitosnya tersendiri. Legenda ini kerap berkaitan dengan kisah mistis yang dipercaya pernah terjadi di lokasi sekitar gunung.

Umumnya kisah legenda ini berkaitan dengan asal muasal terbentuknya gunung tersebut.



Kisah yang berkaitan dengan kepercayaan seseorang terhadap sejarah ini memang kerap populer di Indonesia.

Terutaabagi masyarakat yang tinggal di kawasan gunung berapi yang punya legenda tersebut.

Berikut empat legenda gunung berapi di tanah Jawa :

1. Gunung Merapi

Gunung berapi teraktif di Indonesia ini memiliki legenda yang berkembang di masyarakat. Salah satunya adalah tentang terdapatnya dua pembuat keris sakti di wilayah Gunung Merapi pada zaman dahulu.

4 Legenda Gunung Berapi di Tanah Jawa, dari Merapi hingga Kelud

Foto/BPPTKG Yogyakarta

Mereka bernama Empu Rama dan Empu Pamadi, kedua pengrajin keris ini dikatakan amat sakti dan mampu membuat senjata hanya dengan tangan kosong atau tanpa menggunakan alat.

Suatu hari Batara Guru memerintahkan Batara Narada dan Bewa untuk memindahkan Gunung Jamurdipa ke Pulau Jawa, jikalau tidak, nanti Jawa akan tenggelam.

Saran ini lalu ditolak oleh dua empu keris, hal ini membuat Batara Guru murka dan meminta agar Gunung Jamurdipa tetap dipindahkan meski harus menimpa kedua empu keris sakti tersebut.

2. Gunung Semeru

Gunung Semeru sering dianggap sebagai paku buminya Jawa yang dapat membuat Pulau Jawa tetap seimbang sebagai daratan.

4 Legenda Gunung Berapi di Tanah Jawa, dari Merapi hingga Kelud

Foto/Satu Jiiwa-CCTV Semeru

Dikisahkan bahwa dulunya Pulau Jawa sempat terombang ambing di lautan lantaran tidak memiliki penekan. Karena hal tersebut Dewa Wisnu dan Brahma lantas membawa puncak Gunung Meru di India untuk jadi paku bumi di tanah Jawa.

Para Dewa kemudian membagi puncak Gunung Meru menjadi dua, dimana salah satunya menjadi Gunung Penanggungan, dan satunya lagi jadi Gunung Semeru.

3. Gunung Slamet

Gunung Berapi yang terletak tepat di tengah Pulau Jawa ini memiliki kisah yang beredar di wilayah sekelilingnya terkait asal usul Gunung Slamet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)