BPOM musnahkan ratusan makanan kedaluwarsa

Selasa, 23 Juli 2013 - 17:17 WIB
BPOM musnahkan ratusan makanan kedaluwarsa
BPOM musnahkan ratusan makanan kedaluwarsa
A A A
Sindonews.com - Tim Kesehatan Balai Pengawas Obat Obatan dan Makanan (BPOM) memusnahkan ratusan makanan kedaluwarsa hasil Inspeksi Mendadak (Sidak) di kios - kios pasar Palakka, Bone.

Dalam sidak itu, BPOM menggandeng Polres Bone menelusuri kios penjual makanan campuran. Dari hasil pemeriksaannya, sejumlah produk makanan kedaluwarsa ditemukan seperti krupuk, susu, roti dengan masa jatuh tempo telah habis.

Disamping itu juga ada produk industri rumah tangga yang tak memiliki izin dari Dinas Kesehatan. Operasi pasar yang dilakukan oleh BPOM ini tak luput dari perhatian sejumlah kios yang lolos dari pemeriksaan.

Kasi Pengawasan Peredaran Obat dan Makanan, Zohra mengatakan barang kedaluarsa yang ditemukan langsung dimusnahkan di tempat. Sejumlah produk industri tanpa registrasi 12 digit ditemukan banyak beredar.

"Produk makanan industri rumah tangga tanpa izin Dinas Kesehatan paling lama satu bulan itu sudah kedaluarsa. Jadi, kami memberikan kebijakan kepada penjual agar memperhatikan barang dagangannya," ujar Zohra yang memimpin Operasi Pasar, Selasa (22/7/2013).

Menurut Zohra, kegiatan operasi pasar tersebut rencananya akan dilakukan selama 3 hari berturut-turut dan 3 hari menjelang lebaran.

Salah satu pedagang H Idrus, mengatakan jika kedatangan para tim BPOM ini menggagetkan dirinya tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

Saat sejumlah barangnya yang disita seperti bumbu peracik kue yang kedaluwarsa, dia pun tak berkutik dan hanya mengakui jika dirinya tak tahu ada barangnya yang sudah kedaluwarsa.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4630 seconds (0.1#10.140)