Inspektorat Kobar Gelar Bimtek Sistem Pengendalian Internal Pemerintah

Senin, 16 Juli 2018 - 10:17 WIB
Inspektorat Kobar Gelar Bimtek Sistem Pengendalian Internal Pemerintah
Inspektorat Kobar Gelar Bimtek Sistem Pengendalian Internal Pemerintah
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng menggelar Bimtek Penyelenggaraan dan Maturitas SPIP. Kegiatan ini diikuti 80 peserta dari perwakilan SOPD di Aula Inspektorat Kobar pada 10 hingga 12 Juli 2018.

Bimtek ini bertujuan untuk menguatkan penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkungan Pemkab Kobar. ”Kita gelar 3 hari, ini sebagai upaya sinergi lembaga dalam menambah kemampuan kita mengelola keuangan negara untuk mencapai target pembangunan daerah,” kata Inspektur Kobar Suyanto, Senin (16/7/2018).

Dia menjelaskan, PP 60 Tahun 2008 tentang SPIP sudah 10 tahun berjalan, namun masih berjalan stagnan. Padahal sesuai RPJMN disebutkan kelembagaan dan juga pemerintah daerah target untuk penilaian maturitas SPIP mencapai level 3. sehingga Kobar dirasa perlu melaksanakan Bimtek Penyelenggaraan dan Maturitas SPIP ini.

Pemateri dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Kalteng Suyatno memberikan paparan mengenai gambaran umum pelaksanaan SPIP. Menurutnya, pelaksanaan SPIP merupakan tanggung jawab bersama mulai dari level pimpinan sampai dengan seluruh jajaran staf di lingkungan pemerintah daerah.

“Di mana lima unsur dalam SPIP yaitu lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi serta pemantauan dan pengendalian intern harus dilaksanakan.”

Ia menambahkan, SPIP merupakan upaya membentuk perubahan sikap dan perilaku organisasi sehingga SPIP secara konsisten, yang diawali dengan keteladanan pimpinan melalui pemantauan yang terus menerus. “Dari sinilah nantinya akan terbentuk sistem yang lebih baik,” pungkasnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5710 seconds (0.1#10.140)