9 Masjid Rancangan Ridwan Kamil, Nomor 5 Dibangun di Gaza Palestina

Kamis, 05 Januari 2023 - 06:33 WIB
loading...
A A A
Teknik ini menjadikan tubuh bangunan layaknya sebuah seni kaligrafi tiga dimensi dengan ukuran yang sangat besar. Selain itu, kisi-kisi tersebut berfungsi sebagai penerangan yang bersifat bolak-balik dan sangat artistik.

Saat siang hari, cahaya alami matahari akan menembus ke dalam ruangan masjid. Pada momen ini, cahaya tersebut terlihat seperti sebuah elemen digital yang membentuk dua kalimat syahadat dan pada malam hari, cahaya dari dalam masjid akan memancar keluar membentuk kaligrafi syahadat yang berpendar.

Arsitektur indah Masjid Al-Irsyad pun berbuah penghargaan. Pada tahun 2010,National Frame Building Association memilih Masjid Al-Irsyad sebagai salah satu dari lima besar "Building of The Year 2010" kategori arsitektur religius.

Selain itu, konsep bangunannya yang ramah lingkungan pun menjadikan masjid ini diganjar penghargaan FuturArc Green Leadership Award 2011 oleh Building Construction Information (BCI) Asia.

4. Masjid Jami'e Darussalam, Tanah Abang, Jakarta

Dikenal sebagai Masjid Segitiga Tanah Abang karena bentuk tak lazim yakni memiliki bentuk segitiga. Bentuk segitiga menggambarkan keadaan dan cuaca Indonesia yang khas akan iklim tropisnya.

Ruangan utama masjid ini ada di bagian atas, lengkap dengan mimbar dan dinding yang dihias dengan kaligrafi. Diresmikan 2015 lalu, Masjid Jami' Darussalam dinilai sebuah eksperimen arsitektur dengan geometri segitiga sama sisi.

5. Masjid Syaikh 'Ajlin, Gaza, Palestina

Warganet riuh menyebut rancangan masjid ini mirip PlayStation 5. Terdiri atas tiga struktur bangunan yang berdampingan secara vertikal. Konon, bentuk bangunan terinspirasi bambu runcing yang melambangkan keberanian dan semangat perjuangan.

Keberadaan Masjid Syaikh 'Ajlin merupakan hal yang sangat berharga bagi warga Gaza setelah masjid sebelumnya hancur karena serangan tentara Israel pada 2014 lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)