9 Masjid Rancangan Ridwan Kamil, Nomor 5 Dibangun di Gaza Palestina

Kamis, 05 Januari 2023 - 06:33 WIB
loading...
9 Masjid Rancangan Ridwan Kamil, Nomor 5 Dibangun di Gaza Palestina
Masjid Raya Al-Jabbar hasil rancangan Ridwan Kamil telah berdiri megah di Kota Bandung dan menjadi ikon baru di Jabar. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dikenal sebagai arsitek ulung dan merancang sejumlah masjid dengan arsitektur yang indah.

Terakhir, Ridwan Kamil sukses merancang Masjid Raya Al-Jabbar di Kota Bandung. Masjid megah yang dibangun di atas danau retensi itu kini menjadi ikon baru di Jabar.



"Almarhum ayah saya itu pengurus masjid, jadi saya sering dibawa ke masjid beli semen, beli kayu. Beliau lalu berpesan jangan pernah berhenti membangun masjid," ungkap Ridwan Kamil soal alasan dirinya merancang banyak masjid indah, dikutip Kamis (5/1/2023).

Selain Masjid Raya Al-Jabbar, berikut deretan karya arsitektur masjid yang dirancang Ridwan Kamil, baik di dalam maupun luar negeri.

1. Masjid Kubah 99 Asmaul Husna, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Berdiri di atas lahan reklamasi Pantai Losari, Makassar, Masjid Kubah 99 Asmaul Husna menjadi masjid ikonik rancangan Ridwan Kamil.

Masjid megah ini memiliki kubah yang ditata hingga berjumlah 99. Desain masjid berukuran 72x45 meter persegi itu memiliki semi-basement untuk aktivitas penunjang masjid, seperti kantor yayasan, galeri Asmaul Husna, dan tentu saja tempat wudu serta toilet.



Adapun lantai satu dipergunakan sebagai ruang salat khusus pria, pelataran suci, toko buku, dan busana muslim dan lantai dua (mezzanine) untuk tempat salat khusus wanita dan teras view water front.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8730 seconds (0.1#10.140)