Tergiur Gaji Besar di Angkasa Pura, Kakak Beradik Ini Malah Kehilangan Uang Rp680 Juta

Selasa, 03 Januari 2023 - 19:33 WIB
loading...
Tergiur Gaji Besar di Angkasa Pura, Kakak Beradik Ini Malah Kehilangan Uang Rp680 Juta
Pelaku penipuan kakak beradik yang mengaku bisa mempekerjakan korban di Angkasa Pura hanya bisa pasrah saat ditangkap polisi. Foto: MPI/Erfan Erlin
A A A
GUNUNGKIDUL - Gara-gara tergiur bekerja di PT Angkasa Pura Bandara Adisutjipto, RR (32) dan AR (26), kakak-adik asal Kapanewon Tanjungsari, Gunungkidul malah kehilangan uang ratusan juta. Mereka termakan omongan PPD, kenalan mereka yang mengaku bekerja di BUMN tersebut.

PDD (28) warga Padukuhan Tanggung Kalurahan Girimulyo Kapanewon Panggang Gunungkidul ini memang, awalnya bekerja di PT Angkasa Pura I, meskipun bukan karyawan tetap. Namun karena suatu permasalahan, dia kemudian diberhentikan dengan tidak hormat.



"Saat itu kepada kedua korban, pelaku mengaku dapat memasukkan keduanya bekerja di PT Angkasa Pura I. Di Bandara Adisutjipto,” kata Kapolres Gunungkidul AKBP Edy Bagus Sumantri, Selasa (3/1/2023).

PDD berusaha meyakinkan korban pada saat puncak Covid-19 yaitu sekira bulan Juli 2021 silam. PDD menjanjikan keduanya bekerja di Bandara Adi Sucipto Jogjakarta kepada kedua korban. Ketika meyakinkan korban, pelaku selalu mengenakan pakaian atribut Avsec PT Angkasa Pura I termasuk name tagnya



Saat itu pelaku menjanjikan korban dapat bekerja di PT Angkasa Pura I dengan gaji besar, Rp 20 juta per bulan. Namun agar bisa langsung bekerja, maka PDD meminta sejumlah uang kepada korban, alasannya untuk pelicin kepada atasan atau HRD mereka. "Saat itu, PDD meminta masing-masing korban untuk menyetor uang sebesar Rp340 juta,"kata dia.



Kasat Reskrim Polres Gunungkidul AKP Mahardian Dewo Negoro menambahkan, saat itu korban memang tak kunjung mendapat panggilan kerja. Dan dengan akal bulusnya, pelaku kemudian mengirim uang Rp20 juta ke masing-masing korban.

"Kala itu pelaku mengatakan jika keduanya sudah diterima. Namun karena masih Covid-19 maka keduanya diminta bekerja di rumah. Sebagai bukti diterima, mereka sudah mendapatkan gaji Rp20 juta itu. Padahal sejatinya uang itu dari korban juga," bebernya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4638 seconds (0.1#10.140)