Tenggelam, Kapal ARK Shiloh Dinyatakan Masih Laik Berlayar

Jum'at, 30 Desember 2022 - 04:05 WIB
loading...
Tenggelam, Kapal ARK Shiloh Dinyatakan Masih Laik Berlayar
Penampakan kapal ARK Shiloh yang sempat tenggelam usai dihantam gelombang tinggi di perairan Sungsang Kabupaten Banyuasin, Rabu (28/12/2022) dini hari. Foto: Istimewa
A A A
PALEMBANG - Meski mengalami kecelakaan dan tenggelam di perairan Sungsang Kabupaten Banyuasin , Rabu (28/12/2022) dini hari, kapal ARK Shiloh Jakarta dinyatakan masih laik untuk berlayar.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Palembang, Mayor Mar Sandi Varikta mengatakan bahwa dari hasil pemeriksaan sementara, kapal tersebut dinyatakan masih laik untuk berlayar.

Baca juga: Badai Hantam Kapal Crane Batu Bara dengan 36 ABK hingga Terbalik di Laut Sungsang


"Kapal tersebut baru dilaksanakan docking pada 25 Maret di Gresik, sehingga tidak ada masalah teknis apapun di kapal, terlebih penyebab karamnya kapal adalah murni akibat cuaca buruk," ungkapnya.



Dalam insiden tersebut, kapal tersebut nyaris karam akibat tingginya terjangan ombak saat itu. Akibatnya, kapal tersebut mengalami kebocoran pada bagian ballast kanan.



Diberitakan sebelumnya, meski tenggelam, dari insiden tersebut tidak terdapat korban jiwa maupun luka. Sebanyak 36 kru kapal telah berhasil dievakuasi.

Tak hanya itu, KSOP Kelas II Palembang juga telah mengingatkan dan meminta pemilik kapal untuk menyiapkan oil boom guna mengantisipasi terjadinya pencemaran 46 ton BBM jenis solar yang dibawa kapal tersebut.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1812 seconds (0.1#10.140)