Paguyuban Batik Wijirejo Bentuk Koperasi

Kamis, 19 Maret 2015 - 11:24 WIB
Paguyuban Batik Wijirejo Bentuk Koperasi
Paguyuban Batik Wijirejo Bentuk Koperasi
A A A
BANTUL - Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul mendorong paguyuban perajin batik di Desa Wijirejo membentuk koperasi menyusul adanya ruang pamer batik yang disiapkan pemerintah di sentra kerajinan tersebut.

"Para perajin batik yang memanfaatkan ruang pamer itu akan dikoordinasi oleh paguyuban, karena itu kami dorong menjadi koperasi sebagai media promosi bersama," kata Kepala Disperindagkop Bantul Sulistyanto di Bantul, kemarin. Menurut dia, ruang pamer yang dibangun di tepi Jalan Raya Jodog–Sedayu, Kecamatan Pandak, tersebut telah diresmikan dan mulai dimanfaatkan perajin batik belum lama ini, sehingga harapannya produk mereka makin dikenal masyarakat luas.

"Sekarang ini kan baru ada sekitar sepuluh perajin yang difasilitasi. Harapannya terus bertambah. Ke depan (ruang pamer) akan terus dikembangkan menjadi UPT, seperti UPT Kasongan (sentra gerabah) itu kan yang mengelola koperasi," katanya. Dengan adanya sebuah koperasi yang kegiatan usahanya mengelola ruang pamer tersebut nantinya bisa memudahkan dalam pendampingan, fasilitasi pelatihan bahkan penguatan modal hingga bantuan untuk kemajuan produk batik itu.

"Apalagi kan selama ini para perajin batik masih memasarkan sendiri-sendiri, sehingga dengan ini (ruang pamer) bisa sebagai media promosi batik bersama, agar orang yang sebelumnya datang mencari batik di tempat perajin, saat ini bisa langsung ke ruang pamer," katanya. Sementara itu, kata dia, produk batik yang dipajang di ruang pamer ini dipastikan dari segi harga lebih murah ketimbang produk batik dengan kualitas sama yang dipajang di toko modern .

Ant
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6035 seconds (0.1#10.140)